Polsek Simokerto Wilayah Rayon 1, Gelar Operasi Yustisi Pelanggar Protokol Kesehatan di Taman Mundu Surabaya

Polsek Simokerto Wilayah Rayon 1, Gelar Operasi Yustisi Pelanggar Protokol Kesehatan di Taman Mundu Surabaya

6 KSURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Operasi gabungan Rayon 1, Polsek Simokerto bersama Polsek Tambaksari, dan Polsek Bubutan lakukan Ops  Yustisi Pelanggar Protokol kesehatan di Jl. Juwet, kec. Tambaksari (Taman Mundu Surabaya) sabtu More »

Penyekapan ke-4 Wartawan dari 4 Media, Tim investigasi Puskominfo Jatim Berbuntut Panjang

Penyekapan ke-4 Wartawan dari 4 Media, Tim investigasi Puskominfo Jatim Berbuntut Panjang

8 KSIDOARJO || HALLOJATIMNEWS – Terkait adanya pemberitaan mengenai ke-4 wartawan Tim investigasi Puskominfo yang terdiri dari 4 media dalam naungan  Puskominfo yang sempat di sekap oleh penjaga gudang di Dusun Panggreh More »

Unit Reskrim Polsek Mulyorejo Tangkap 4 Pelaku Aksi Curat di Galaxy Mall Surabaya

Unit Reskrim Polsek Mulyorejo Tangkap 4 Pelaku Aksi Curat di Galaxy Mall Surabaya

12 KSURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Unit Reskrim Polsek Mulyorejo Polrestabes Surabaya, berhasil menangkap 4 pelaku aksi curat di Ranch Market lantai dasar Galaxy Mall jl. Dharmahusada Indah Timur No 35-37 Kecamatan Mulyorejo More »

Bukti Tak Cukup, Penyidikan Dugaan Penggelapan Berlian Dihentikan

Bukti Tak Cukup, Penyidikan Dugaan Penggelapan Berlian Dihentikan

12 KSURABAYA, HALLOJATIMNEWS.com – Unit IV Subdit Kamneg Polda Jatim tangani dugaan tindak Pidana Penggelapan yang dilaporkan oleh Tantawi Jauhari Nasution yang melaporkan Kiki Amalia Chandra. Kronologinya, berawal dari Mariani Tanubrata menawarkan More »

Bakal di Polisikan!, Penyekapan terhadap 4 Wartawan di Gudang Tetes Jabon

Bakal di Polisikan!, Penyekapan terhadap 4 Wartawan di Gudang Tetes Jabon

13 KSIDOARJO || HALLOJATIMNEWS – Dugaan penyimpangan, penggelapan dan penadah tetes di wilayah hukum Sidoarjo menambah daftar kasus 363 dan 480 yang saat ini ada di wilayah Jabon Sidoarjo. Secara fakta tempat More »

 

Fakta Ada 5 Pantai Di Jawa Jadi Penghubung Mitologi Nyi Roro Kidul

78 K

SURABAYA, HALLOJATIMNEWS. Com – Mendengar indahnya pantai di jawa yang identik dengan sosok sang Ratu, Siapa yang tak tahu dengan tokoh mitologi Nyi Roro Kidul ratu penguasa Laut Selatan yang konon berparas ayu ini. Keberadaannya sering dikait – kaitkan dengan penyebab meninggalnya banyak wisatawan yang terseret ombak ketika sedang mandi di pantai Selatan Jawa. Meski keberadaannya belum dapat dibuktikan secara ilmiah namun sebagian besar masyarakat Jawa yakin jika sosok Nyi Roro Kidul ini benar-benar nyata.

Konon, ada tempat-tempat yang menjadi penghubung antara kerajaan Kanjeng Ratu dengan alam nyata. Sebagian besar lokasi yang menjadi gerbang Kerajaan Ratu Laut Kidul ini berupa pantai. Di pantai inilah Nyi Roro Kidul beserta para jinnya bersemayam dan menjadi penguasa di kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa. Maka tak heran jika rata-rata pantai Selatan Jawa memiliki kesan mistik dan horor. Berikut ini 4 pantai yang konon menjadi gerbang menuju kerajaan Nyi Roro Kidul.

 

1. Pantai Parangtritis, DI Yogyakarta, Hati-hati jika memakai pakaian berwarna hijau dan bermain air di pesisir pantai selatan Jawa, termasuk pantai Parangtritis. Karena apa? Mitos yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa setiap orang yang memakai pakaian hijau di pantai selatan maka akan menjadi tumbal Nyi Roro Kidul dan dijadikan pelayan di Kerajaan Gaibnya.

Pantai Parangtritis, Yogyakarta
yang berada di daerah Yogya ini adalah salah satu pantai selatan yang diyakini menjadi Gerbang menuju kerajaan Ratu Pantai Selatan. Sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu lokasi persembahan sesajian pada malam satu suro. Disamping sisi mistisnya, Parangtritis menyimpan keindahan alam yang tak ternilai. Para traveler dapat menikmati birunya laut dan jalan-jalan dengan menunggang kuda, delman atau bermain motor ATV sepanjang pesisir pantai berpasir hijau.


2. Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta, Sampai saat ini masyarakat Yogyakarta mesih meyakini bahwa ada hubungan spesial antara Keraton Yogyakarta dengan panguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Pantai Parangkusumo yang berada di sebelah barat Pantai Parangtritis ini menjadi salah satu pantai yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Dalam tradisi Jawa, pantai yang terkenal dengan sand boardingnya ini dianggap sebagai gerbang utama atau jalan tol menuju Keraton Gaib Laut Selatan, sebuah kerajaan Nyi Roro Kidul yang menguasai Laut Selatan (Samudera Hindia).

3. Pantai Parangkusumo, Yogyakarta Saking keramatnya pantai ini dijadikan tempat untuk menggelar berbagai acara labuhan, baik dari keraton Ngayogyakarta Hadiningrat maupun dari masyarakat setempat. Di sekitar pantai ini terdapat dua batu karang yang sekelilingnya dipagari beton. Tempat ini dikeramatkan dan disebut dengan Cepuri yaitu tempat untuk melalukan ritual labuhan.

4. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat Beralih ke pantai yang berada di Provinsi Jawa Barat yaitu pantai Pelabuhan Ratu. Pantai yang terdapat hotel Inna Samudra ini juga terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidulnya. Bahkan di hotel tersebut terdapat kamar khusus unutk sang Ratu. Di pantai ini pula disebut-sebut sebagai gerbang Kerajaan Laut Selatan pimpinan Nyi Roro Kidul.

Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat
Sekilas pantai ini tidak tampak menyeramkan, layaknya sebuah pantai, Pelabuhan Ratu memiliki pasir pantai yang putih dengan bentang laut yang biru ditambah ombak yang besar khas pantai selatan. Di pantai Pelabuhan Ratu terdapat pantai lain yang dapat Anda kunjungi, seperti pantai Loji, pantai Ujung Genteng dan pantai.

5. Pantai Sembukan, Wonogiri, Jawa Tengah Lokasinya berada di kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Pantai Sembukan juga dianggap sebagai jembatan penghubung antara alam manusia dengan alam Nyi Roro Kidul. Tepatnya sebagai pintu ke-13 untuk Ratu Laut Selatan menghadiri pertemuan dengan raja-raja Kasunanan Surakarta, berarti kerajaan Nyi Roro Kidul memang mempunyai banyak pintu!!

Pantai Sembukan, Jawa Tengah
Pantai ini sebenarnya bukan pantai yang memiliki area pesisir yang panjang, garis pantainya sempit dengan dikelilingi bukit-bukit terjal nan cantik. Untuk menikmati pantai ini Anda akan di tarik dengan biaya Rp.3.000 per orang. Tapi tetaplah waspada ketika asyik bermain di pantai ini, sebab ombaknya yang menggelegar bisa saja menyeret Anda sewaktu-waktu.( Hand).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: by Redaksi hallojatimnews.com !!