Polsek Simokerto Wilayah Rayon 1, Gelar Operasi Yustisi Pelanggar Protokol Kesehatan di Taman Mundu Surabaya

Polsek Simokerto Wilayah Rayon 1, Gelar Operasi Yustisi Pelanggar Protokol Kesehatan di Taman Mundu Surabaya

3 KSURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Operasi gabungan Rayon 1, Polsek Simokerto bersama Polsek Tambaksari, dan Polsek Bubutan lakukan Ops  Yustisi Pelanggar Protokol kesehatan di Jl. Juwet, kec. Tambaksari (Taman Mundu Surabaya) sabtu More »

Penyekapan ke-4 Wartawan dari 4 Media, Tim investigasi Puskominfo Jatim Berbuntut Panjang

Penyekapan ke-4 Wartawan dari 4 Media, Tim investigasi Puskominfo Jatim Berbuntut Panjang

8 KSIDOARJO || HALLOJATIMNEWS – Terkait adanya pemberitaan mengenai ke-4 wartawan Tim investigasi Puskominfo yang terdiri dari 4 media dalam naungan  Puskominfo yang sempat di sekap oleh penjaga gudang di Dusun Panggreh More »

Unit Reskrim Polsek Mulyorejo Tangkap 4 Pelaku Aksi Curat di Galaxy Mall Surabaya

Unit Reskrim Polsek Mulyorejo Tangkap 4 Pelaku Aksi Curat di Galaxy Mall Surabaya

12 KSURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Unit Reskrim Polsek Mulyorejo Polrestabes Surabaya, berhasil menangkap 4 pelaku aksi curat di Ranch Market lantai dasar Galaxy Mall jl. Dharmahusada Indah Timur No 35-37 Kecamatan Mulyorejo More »

Bukti Tak Cukup, Penyidikan Dugaan Penggelapan Berlian Dihentikan

Bukti Tak Cukup, Penyidikan Dugaan Penggelapan Berlian Dihentikan

11 KSURABAYA, HALLOJATIMNEWS.com – Unit IV Subdit Kamneg Polda Jatim tangani dugaan tindak Pidana Penggelapan yang dilaporkan oleh Tantawi Jauhari Nasution yang melaporkan Kiki Amalia Chandra. Kronologinya, berawal dari Mariani Tanubrata menawarkan More »

Bakal di Polisikan!, Penyekapan terhadap 4 Wartawan di Gudang Tetes Jabon

Bakal di Polisikan!, Penyekapan terhadap 4 Wartawan di Gudang Tetes Jabon

12 KSIDOARJO || HALLOJATIMNEWS – Dugaan penyimpangan, penggelapan dan penadah tetes di wilayah hukum Sidoarjo menambah daftar kasus 363 dan 480 yang saat ini ada di wilayah Jabon Sidoarjo. Secara fakta tempat More »

 

Wisata Religi Syeikh Sulukhi Wilangan Di Kota Nganjuk

99 K

NGANJUK, HALLOJATIMNEWS.com – Kota Nganjuk adalah adalah sebuah Kabupaten dengan julukan Kota Angin. Nganjuk mempunyai berbagai wisata yang wajib kalian ketahui dan dikunjungi. Bagi sebagian orang suka dengan wisata alam namun bagi sebagian orang juga butuh yang namanya wisata religi Kabupaten di Provinsi Jatim. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogodi selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Pada zaman dahulu, Nganjuk dikenal dengan nama Anjuk Ladang. Nganjuk juga dikenal i. Tidak perlu resah, nganjuk juga punya yaitu wisata religi Syeikh Sulhi di Kec. Wilangan .

Makam syeikh Sulukhi merupakan tempat wisata rohani yang banyak dikunjungi para penziarah. Letaknya berada kira-kira 16km ke barat  dari alun-alun kota Nganjuk. Makam ini selalu ramai dikunjungi para penziarah apalagi setiap kamis malam jum’at.

Syeikh merupakan sebutan bagi mereka yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam. Demikian juga dengan Syeikh Sulukhi. Beliau dianggap sebagai orang yang berperan penting dalam penyebaran agama Allah. Ada juga masyarakat yang menyebut beliau sebagai waliyullah.

Menurut informasi yang didapat wartawan hallojatim pada minggu (26/1/20) saat mengunjungi Makam Syeikh Sulukhi ini konon cerita berasal dari kerajaan Demak yang diutus untuk menyebarkan agama Allah. Makam syeikh Sulukhi berada dipinggir sungai dimana konon katanya sungai tersebut digunakan untuk menghanyutkan padi yang ditaruh didalam bambu menuju ke kerajaan Demak. Ada yang unik dengan makam Syeikh Sulukhi dimana, makamnya terletak dibawah akar pohon besar, kemudian hanya ada makam Syeikh Sulukhi disitu tanpa ada makam yang lainnya. Berbeda dengan waliyullah yang lainnya dimana terdapat banyak makam disamping makam para wali Allah seperti makam walisongo. Makamnya berukuran seperti makam pada umumnya namun bedanya pada makam beliau, nisannya dibungkus dengan kain kafan.

Ketika tim liputan hallojatimnews.com memasuki makam Syeikh Sulkhi seperti terdapat hawa mistik atau hawa tersendiri yang berbeda dengan hawa ketika memasuki makam-makam lain. Di dalam makam ini, terdapat buku-buku tahlil dan Al-qur’an untuk memudahkan penziarah. Disekitar lokasi makam juga di sediakan beberapa fasilitas seperti toilet, mushola dan warung. Tidak ada kontribusi untuk berziarah di makam beliau. Disediakan kotak amal bagi mereka yang ingin beramal. Tidak dianjurkan untuk hal-hal yang tidak-tidak seperti mencari pesugihan. Di dalam makam pun terdapat slogan agar memohon kepada Allah dan bukan kepada makam. Sebab memohon kepada selain Allah adalah syirik.

Bagi kalian yang suka dengan wisata rohani atau religi disarankan untuk tidak lupa datang ke makam Syeikh Sulukhi di kecamatan wilangan. Namun, ketika ingin datang berziarah disarankan untuk menata niat terlebih dahulu sebelum mengunjungi makam Syeikh Sulukhi. ( irul/ Wahyu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: by Redaksi hallojatimnews.com !!