NasionalNewsPolda Jawa Timur

Sopir Maut Laka Tol Sumo Diduga Konsumsi Sabu dan Tak Memiliki SIM

Surabaya – Hasil penyelidikan terhadap sopir maut terkait insiden kecelakaan bus maut PO Ardiansyah di KM 712.400 Tol Surabaya-Mojokerto. Pasca kecelakaan tersebut dilakukan tes urine, terhadap sopir bus Ade Firmansyah dan terindikasi terpengaruh narkoba jenis sabu-sabu.

Dirlantas Polda Jatim Kombespol Latief Usman mengatakan bahwa Ade Firmansyah sopir bus maut tersebut sebelum kecelakaan disinyalir mengonsumsi narkoba jenis sabu.

“Setelah didalami, pengemudi, ada indikasi menggunakan sejenis sabu dan hari ini kami mengambil darah untuk dikirim ke Labfor, untuk memastikan kandungan apa yang ada di pengemudi dan ini hasil tes urine sementara pengemudi,” ujar Latief. Selasa (17/05/2022).

Latief juga menyampaikan bahwa dari hasil identifikasi jumlah dalam penumpang bus tersebut, ada 34 orang penumpang sewaktu kejadian musibah tersebut dan kapasitas resmi maksimal 37 orang penumpang dan Itu artinya, tak ada kelebihan muatan yang menjadi penyebab kecelakaan.

“Jadi memang tidak overload dan masih laik, setelah kami identifikasi lebih lanjut dari kapasitas 37 penumpang secara keseluruhan ada 34 penumpang,” terang Latief.

Dalam kasus ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait kelaikan kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut.

“Ini kami lagi cek, dengan Dinas Perhubungan dengan APTM, KIR-nya kapan,” katanya.

Terakhir Kombespol Latief mengatakan bahwa nanti layak atau tidaknya, kami uji secara teknis secara lebih mendalam menggunakan alat mereka dari APTM dan pihak Dinas Perhubungan yang lebih berkompeten untuk melakukan pengujian layak atau tidaknya suatu kendaraan. @ njb

Related Articles

Back to top button