News

Tingkatkan Keandalan Kelistrikan Jawa Timur, PLN Berhasil Energize SUTT 150 kV Jatigedong – Ngimbang

Surabaya – Keandalan Sistem Kelistrikan memegang peranan penting dan mutlak dalam mendukung perekonomian masyarakat. Di masa peralihan pandemi menjadi endemi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur meningkat menjadi 5,74% dibandingkan tahun 2021 yang tumbuh sebesar 3,6%. Kali ini PLN kembali berhasil melakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada pekerjaan SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang.(07/12/2022).

Keberhasilan energize ini tentunya sejalan dengan dukungan PLN terhadap tujuan pemerintah yang menargetkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, dimana PLN secara konsisten gencar meningkatkan keandalan kelistrikan.

Jaringan kelistrikan dengan panjang lintasan 37,3 kms dengan total 62 tower, berhasil energize dengan zero accident. Dengan berhasilnya energize ini, maka SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang siap beroperasi mendukung peningkatan keandalan sistem kelistrikan serta meningkatkan fleksibilitas sistem kelistrikan di Jawa Timur.

Direktur Mega Project dan Energi Baru Terbarukan PLN ,Wiluyo Kusdwiharto mengapresiasi keberhasilan PLN UIP JBTB dalam kesuksesannya dalam memberikan pemberian tegangan pertama (energize) SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang dengan tepat waktu dan zero accident. Lebih lanjut Wiluyo mengatakan keberhasilan ini sebagai wujud dedikasi PLN secara penuh dalam melistriki negeri. Secara konsisten PLN selalu berupaya meningkatkan keandalan kelistrikan di seluruh Indonesia. Dimana kali ini PLN kembali menunjukkan wujud nyata dedikasinya dengan peningkatan keandalan kelistrikan di Jawa Timur.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, mengatakan keberhasilan energize SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang ini tidak lepas dari kerjasama tim PLN UIP JBTB beserta UPPnya serta seluruh insan PLN yang terlibat. Tidak hanya itu, Muhammad Ramadhansyah menambahkan bahwa dukungan dari stakeholder serta pemerintah setempat juga mengambil andil besar dalam keberhasilan proses pemberian tegangan ini.

“Peningkatan keandalan kelistrikan Jawa Timur meningkat dengan adanya keberhasilan pemberian tegangan di SUTT 150 kV Jatigedong-Ngimbang ini. Proses energize ini dilaksanakan setelah seluruh rangkaian tahapan test dan pengujian peralatan (commissioning) berhasil dilalui dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB). Tentu saja keberhasilan ini tidak lain berkat kerjasama seluruh pihak. Banyak pihak yang turut mendukung PLN dalam usaha peningkatan keandalan kelistrikan. PLN Group yang bergandengan erat dengan stakeholder terkait tentu saja berperan penting dalam keberhasilan energize ini mulai dari awal pelaksanaan pekerjaan hingga akhirnya dapat dilakukan pemberian tegangan pertama (energize).”, Ucapnya.

“Kami optimis dengan peningkatan keandalan kelistrikan akan mendukung usaha masyarakat yang akan berujung pada peningkatan perekonomian yang akan berangsur membaik yang pastinya akan berdampak positif untuk masyarakat dan negara Keberhasilan ini juga meningkatkan fleksibilitas sistem kelistrikan Jawa Timur khususnya di sub sistem Kediri dan sub sistem Ngimbang.”,pungkasnya. @njb

Related Articles

Back to top button