Polda Jawa Timur

Ditpoliarud Polda Jatim Peduli Sampah Nasional Mewujudkan Laut Bersih Menuju Indonesia Bersih

SURABAYA – HALLOJATIMNEWS.com – Bertempat di hutan Mangrove romo kalisari surabaya, Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jatim dan Pelindo III melalui program Internal Polri menanam ribuan mangrove di wilayah Romo Kalisari, Jumat, 21 Pebruari 2020. Hal itu sesuai dengan dengan instruksi yang disampaikan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

“Ini merupakan program internal Polri dalam rangka pengamanan aset dan kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan melalui penanaman pohon,” kata Direktur Polairud Polda Jatim, Kombes Arnapi S.H., M.Hum, Jumat, 21 Pebruari 2020.

Foto / Dirpolair Ditpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi SH.M.hum

“Dia menjelaskan khusus di Polairud Polda Jatim aksi mengambil tema Polri peduli penghijaun penanaman Mangrove yang dilakukan di Romo Kalisari dan juga ada penanaman atau pelepasan bibit kepiting jumlahnya sekitar _+ 3000.

“Ini masih dalam percobaan jika berhasil akan diprogramkan rutin dan dilanjutkan untuk beberapa lokasi pantai di wilayah pesisir Jatim. Hari ini 32.000 pohon mangrove ditanam di hutan mangrove Romo kalisari dan sebagian di pesisir pantai sepanjang pesisir yang ada di jajaran jatim,” ujarnya.

“Dia menambahkan dengan program penghijauan melalui penanaman pohon mangrove sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengikisan pantai atau abrasi. Selain itu, sangat bermanfaat sebagai tempat berkembang biak ikan, kepiting, dan biota laut di wilayah pantai.

“Untuk penanaman mangrove tadi, 90 persen sudah ditanam dari jumlah 32.000 pohon seluruhnya ditanam di lahan seluas 3.000 m2. Sisanya untuk penyulaman, jika tanaman mangrovenya mati atau terbawa arus pantai,” ujarnya.

Sebagai bentuk implementasi arahan program penghijauan Kapolri, DirPol Airud Polda Jatim dan jajaran bersama forkopimd dan TNI melakukan penanaman pohon mangrove di lokasi Bibir Pantai Romo Kalisari Surabaya, Jum’at (21/2/2020).

Turut serta dalam kegiatan tersebut
Gubernur Jawa Timur di wakili walikota surabaya Ibu Tri Rismaharini, Kapolda Jatim diwakili Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaludin, Pangdam V Brawijaya diwakili, Pangarmada 2 diwakili, Danlantamal, Jajaran Kapolrestabes surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,serta sejumlah anak – anak pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam gerakan peduli lingkungan.

“Gerakan penanaman pohon Mangrove ini, sebagai bentuk penerapan kebijakan Kapolri tentang dukungan penghijauan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan secara nasional oleh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia,” ujar Dirpolairud Polda Jatim Kombes Arnapi S.H., M.Hum.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo wisnu andiko dihadapan awak media mengatakan menurutnya, gerakan penanaman pohon mangrove atau bakau merupakan bukti kecintaan dan kepedulian Polri terhadap bumi dan wilayah pesisir pantai yang ada di seluruh Indonesia.

“Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk mengurangi dampak bencana abrasi di sepanjang pantai. Selain itu, juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar di bidang pariwisata,” ucapnya.

Gerakan penghijauan, kata dia, bakal dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh wilayah hukum Polda Jatim. Sasarannya adalah daerah yang dianggap rawan bencana.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan perlunya menjaga dan merawat mangrove yang sudah ditanam agar dapat tumbuh besar dan berkembang.

“Selama ini, kita hanya semangat saat menanamnya saja namun lupa untuk merawat. Jadi, kami imbau kepada masyarakat dan pengunjung nantinya marilah kita sama-sama menjaga mangrove ini tumbuh subur. Jangan sampai tumbuhan itu mati apalagi sampai hilang,” Sambari mengingatkan. (@Abdul / Pri).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button