EdukasiNasionalNews

RSUD Soetomo Akan Mengoperasi Korban Musibah Prosotan Ambrol di Kenjeran

Surabaya – RSUD Soetomo Surabaya akan mengoperasi empat korban perosotan yang ambrol di kolam renang Kenpark, Kenjeran, Surabaya.

Dirut RSUD Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi di Surabaya, mengatakan ada tujuh pasien yang dirawat di rumah sakit ini, yang salah seorang di antaranya harus dioperasi hari ini karena kondisi.

’’Besok ada tiga pasien yang akan dioperasi, tapi tidak sebesar hari ini karena tidak terlalu parah. Mudah-mudahan berjalan lancar dan Di RSUD Soetomo ada delapan pasien yang dirawat, namun satu orang sudah diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik,” ujar Joni. Minggu (08/05/2022).

Menurut Joni Dari tujuh yang kami rawat, ada satu pasien yang menggunakan ventilator karena memang ada gangguan di paru-paru, di wajah dan di otaknya. Dari penilaian kami, Insya Allah bisa dilakukan pertolongan.

Selain penanganan medis, RSUD dr. Soetomo Surabaya juga akan memberikan pemulihan trauma kepada korban sebagaimana pesan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. “Semuanya sudah didukung oleh Gubernur Khofifah dan Menko PMK Muhadjir Efendi. Pihak keluarga sudah diedukasi. Pasien tadi kelihatannya ketakutan dan trauma karena bisa dibayangkan jatuh dari ketinggian seperti itu,” katanya.

Disampingi itu untuk pemulihan secara psikis, harus dilakukan begitu kondisi pasien stabil berdasarkan orientasi waktu, orang dan tempat.

Kalau dilihat tadi wajahnya tegang. Kita bisa memaklumi, jatuh seperti itu tidak diduga-duga,” ujar Joni. @ njb

Related Articles

Back to top button