NasionalNews

Mudik Lebaran RSUD Dr.Soetomo Siapkan Pelayanan 24 Jam

Photo : RSUD. Dr. Soetomo Surabaya

SURABAYA | hallojatimnews – Menghadapi libur lebaran, RSUD Dr. Soetomo undang awak media untuk konferensi pers kesiagaan menyambut hari raya idul fitri 2019. Bertempat di gedung ruang bhakti husada RSUD Dr.Soetomo surabaya.Selasa (28/5/19) siang.

Direktur Utama, Dr. Joni Wahyuhadi, dr Sp BS(K) mengatakan bahwa seluruh persiapan RUSD Dr. Soetomo dalam menghadapi gelombang mudik dan arus balik lebaran telah dilakukan dengan matang. Persiapan pelayanan IGD, pelayanan on call dan logistik medik dipastikan tercukupi tidak ada kekurangan.

Photo : Direktur Utama, Dr. Joni Wahyuhadi, dr Sp BS(K), saat memberikan keterangan kepada awak media

Pelayanan IGD pun menyiapkan tenaga medis secara maksimal yakni sebanyak 127 tenaga medis dan 249 tenaga siaga yang disediakan mulai dari bidang pelayanan dan penunjang yang berjaga secara bergantian selama 24 jam. RSUD Dr Soetomo memastikan menerima semua pasien BPJS tanpa melihat status domisili selama libur lebaran ini. “Jadi seperti biasanya rumah sakit ini uda mempunyai sistem layanan siaga 24 jam, sehingga ada 2 sistem yang dilakukan yakni penanganan siaga dan on call,” ungkapnya.

Selain itu, RSUD Dr. Soetomo pun menyiapkan ruangan buffer untuk mengantisipasi lonjakan pasien IGD. Ketua Forum Pers RSUD dr Soetomo, Dr Urip Murtedjo SpB KL mengungkapkan ruangan Buffer ini digunakan untuk pasien IGD menunggu hasil pemeriksaan ataupun kamar rawat inap.

“Fasilitasnya sudah seperti rawat inap, jadi pasien IGD tidak perlu menunggu kamar atau hasil pemeriksaan di selasar IGD,” paparnya.

Setidaknya ada 40 ranjang yang disediakan di ruang Buffer ini. Meskipun belum diresmikan, ruangan Buffer ini sempat digunakan saat kejadian luar biasa Demam Berdarah Februari lalu. “Untuk masalah penyakit yang perlu diwaspadai justru korban Petasan yang selalu ada tiap tahun.kata Dr Urip Murtedjo Spb KL.

Sarana operasional seperti ambulans umum dan jenazah, radiologi dan CT scan, layanan laboratorium, logistik nonmedik beserta stok cadangan medis lainnya. “Aktivitas di sini akan berjalan normal, seperti rawat inap, ambulance, obat dan logistik medik, layanan gizi untuk makanan pasien maupun petugas, jaringan informasi teknologi, serta peningkatan pengamanan dari Satpol PP maupun keuangan,” urainya. @pri

Sementara itu, RSUD dr Soetomo melakukan Persiapan meliputi kordinasi Internal ( sistem siaga Layanan 24 jam dan Gawat darurat ). Kordinasi Eksternal ( Sistem Rujukan Antar RS dan Puskesmas ). Dan kordinasi lintas Sektor.( Pri )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button