DaerahHukrim

Waspada Bila Hp Hilang Nomor Segera di Blokir, ini Kronologinya

photo ilustrasi

Lumajang | hallojatimnews – Tim Cobra Polres Lumajang berhasil menangkap seorang pelaku spesialis barang elektronik yang bernama Paksi Jaladara (pria, 29 th) (Minggu, 16 Juni 2019) warga Desa Mlawang Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang di rumahanya. Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH, SIK, MM, MH menghimbau kepada siapapun warga yang kehilangan handphone agar sesegera mungkin memblokir nomor handphonenya.Jum’at (21/619).

Sebelumnya memang Paksi diketahui telah mencuri Laptop di rumah AYR (pria, 18 th) warga Desa Peacut Kelod Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar, Bali.

Dalam penggerebekan kerumah tersangka Paksi, petugas berhasil menemukan 1 buah laptop merk Lenovo warna hitam, 3 buah HP dengan rincian 1 HP OPPO A.37 warna emas, 1 HP merk Nokia warna hitam serta 1 HP Samsung J2 Prime. Laptop serta hp tersebut setelah diselidiki ternyata berasal dari tiga orang korban yang berbeda.

Diantara HP yang di curi tersebut, pelaku ambil simcardnya dan memindahnya ke hp milik pelaku. Dengan demikian secara otomatis nomor yang dimiliki oleh korban berpindah ke nomer hp pelaku. Iapun langsung mengotorisasi whatsapp dan menjalankan aksinya dengan meminta berbagai macam transfer mulai dari transfer pulsa hingga transfer uang yg ia arahkan ke rekening miliknya.

Selama ini, ia mengaku berhasil mendapatkan transfer sebanyak 2 kali dengan korban yang berbeda, masing masing 300 ribu Rupiah jadi total 600 ribu Rupiah. Dengan mengaku sebagai saudaranya dan membutuhkan uang untuk pengobatan, ia berhasil mendapat transferan uang tersebut.

Kapolres Lumajang mengungkapkan “Atas kasus ini kita semua mendapat pelajaran, jika mengalami kehilangan handphone maka yang pertama kali harus dilakukan adalah mendatangi gerai kartu seluler untuk meminta tolong memblokir nomor tersebut. Karena jika tidak, kasus meminta transferan uang atau permintaan pulsa kepada teman-teman korban dapat terjadi seperti kasus di Klakah ini. Untuk itu saya himbau agar masyarakat hati-hati dalam menggunakan HP karena banyak penipuan mengatasnamakan seseorang yang kita kenal” Ujar Arsal. @pri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button