TNI-ku

117 Perwira Remaja TNI AL Siap Masuki Medan Tugas

JAKARTA | hallojatimnews – Sebanyak 117 Perwira Remaja TNI Angkatan Laut Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 64 Tahun 2019, siap memasuki medan penugasan baik itu di jajaran Komando Armada maupun Batalyon Korps Marinir, serta satuan-satuan TNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia,Selasa (16/7/19).

Perwira Remaja tersebut baru saja dilantik melalui Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2019 yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/7). Turut hadir dalam kesempatan ini para petinggi TNI-POLRI termasuk Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, didampingi ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Yang menarik, ada tradisi unik dilakukan setelah Upacara Praspa, khususnya bagi Perwira Remaja TNI AL yang terlihat gagah dengan seragam kehormatan PDU I berwarna putih. Usai upacara, para perwira tersebut merayakannya dengan bersama-sama melempar topi putih ke langit di halaman Istana Merdeka. Sontak tradisi tersebut menyedot perhatian dan tepuk tangan dari para undangan yang hadir di Istana.

Diungkapkan oleh Presiden saat upacara bahwa, para perwira telah melalui proses yang ketat, gemblengan sangat hebat hingga membuat mental dan fisik prima, menjadikan sebagai putra-putri terbaik bangsa Indonesia. “Saya bangga bisa melantik saudara-saudara. Selamat bertugas kepada para patriot muda Indonesia, buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia Berjaya”, tegas Presiden Joko Widodo di hadapan Perwira TNI Polri.

Upacara Praspa sendiri bagi Korps Perwira memiliki makna yang mendalam, yaitu mewujudkan kesungguhan hati dan tekad para perwira muda untuk siap mendarmabaktikan jiwa dan raganya demi membela Tanah Air dan mempertahankan tegaknya NKRI, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pada tahun 2019 ini, sebagai Perwira lulusan terbaik AAL peraih Adhi Makayasa, yaitu Letnan Dua Laut (P) Ariz Pama Yudha Prawira, S.Tr.Han.

Total Perwira Remaja TNI-Polri yang dilantik berjumlah 781 orang, terdiri dari lulusan Akademi Militer (Akmil) sebanyak 259 Perwira, AAL Sebanyak 117 Perwira, Akademi Angkatan Udara (AAU) sebanyak 99 Perwira, dan Akademi Kepolisian (Akpol) sebanyak 306 Perwira.(Cak Pri ).

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button