NasionalNewsPemerintahan

KPU Surabaya Tetapkan 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Surabaya Tahun 2019

Surabaya || hallojatimnews – Dalam rapat pleno terbuka KPU Surabaya menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Surabaya dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel Novotel Surabaya Jalan Ngagel No.173-175, Surabaya dan dihadiri oleh Pimpinan Partai Politik tingkat Kota Surabaya, Bakesbangpol dan linmas Surabaya, Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak Surabaya, dan 50 Calon Anggota DPRD Kota Surabaya Terpilih. Selasa (13/08/2019).

“Ada 50 calon terpilih dari sekian banyak calon di 5 Dapil dan tidak ada penambahan kursi.” ujar Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya Bapak Soeprayitno saat diwawancarai awak media usai rapat pleno terbuka.

“Dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Jawa Timur, Surabaya bisa dikatakan terlambat karena KPU Kota Surabaya sendiri sempat menghadapi PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum). Dimana ada gugatan dari parpol terhadap kita selaku penyelenggara, namun setelah tahapan atau prosesi sidang di Mahkamah Konstitusi kelar akhirnya hari inilah merupakan ending dari semua tahapan panjang pemilu 2019.” imbuhnya.

Selanjutnya, setelah rapat pleno ini KPU akan menyampaikan SK ke Gubernur Jawa Timur. Sebab, nantinya pelantikan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur.

“Untuk pelantikan, kalau menilik pengalaman sebelumnya dilaksanakan di Gedung DPRD Kota Surabaya. Sementara yang melantik Gubernur Jawa Timur, karena terus terang SK penetapan ini sendiri pun sudah ditunggu oleh Gubernur Jawa Timur.” terangnya.

“Kita tetap koordiniasi dengan yang pertama Bakesbang Linmas Kota Surabaya sendiri, dengan Gubernur Provinsi Jatim, maupun dengan Sekretariat DPRD Kota Surabaya.” imbuhnya.

Ketua KPU Surabaya Bapak Nur Syamsi menambahkan “besok nama-nama terpilih, itu akan kita sampaikan ke Gubernur melalui Walikota.” pungkasnya.

 

Penulis : aji

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button