DaerahNasionalNewsTNI-ku

Pangdam V Brawijaya berharap Mahasiswa menjadi Ujung Tombak Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Malang || hallojatimnews – Ribuan mahasiswa baru Universitas Islam Malang atau Unisma mendapat pembekalan tentang pemahaman wawasan Nusantara melalui pemaknaan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa yang diberikan langsung oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe, P.B.

Menurut Pangdam, wawasan nusantara merupakan cara pandang
dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan azas Persatuan dan Kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mencapai suatu tujuan nasional.

“Pada 20 Mei 1928, para pemuda Indonesia memiliki gagasan untuk bersikap nasional. Saat itu dikenal kebangkitan nasional dan tercetuslah melalui Sumpah Pemuda,” ujar Pangdam di hadapan ribuan mahasiswa baru Unisma. Senin, 2 September 2019.

Sumpah Pemuda, kata Mayjen TNI Wisnoe, saat itu lebih terorganisir. Bahkan, kala itu, para penjajah pun kewalahan mengalami perlawanan nasional yang mayoritas dilakukan oleh para pemuda.

“Pada tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan. Kemerdekaan, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial hingga peran pemuda yaitu SDM unggul Indonesia maju,” terangnya.

Penyampaian wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh Perwira Tinggi kelahiran Kota Surabaya saat ini, dinilai sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, melalui Sosialisasi tersebut merupakan upaya daripembinaan teritorial wilayah yang sekarang gencar dilakukan oleh seluruh Satuan TNI-AD, khususnya Satuan di wilayah Kodam V/Brawijaya.

“Dengan demikian mahasiswa diharapkan bisa menjadi ujung tombak persatuan dan Kesatuan,” pintanya. “Kegiatan ini, juga merupakan rangkaian serbuan teritorial Kodam V/Brawijaya dalam meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan bagi masyarakat,” imbuh
Pangdam.

Selain berfoto bersama dengan para mahasiwa baru Unisma, acara tersebut pun dilanjutkan dengan adanya penukaran cindera mata yang dilakukan oleh Pangdam dengan pihak Rektorat.

(Sumber:Kapendam V/Brawijaya, Letkol Arm Imam Haryadi/Editor:Rahman.)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button