Daerah

Kapolres Gresik “Pergi Mewariskan Kebanggaan, Datang Menumbuhkan Semangat”

GRESIK || HALLOJATIMNEWS – Suasana haru mewarnai tradisi pedang pora di Polres Gresik. Pedang Pora merupakan tradisi dalam rangkaian serah terima jabatan (Sertijab) pergantian Kapolres Gresik dari AKBP AKBP Wahyu S Bintoro S.H.S.I.K.M.si, Kepada AKBP Kusworo Wibowo SH,. SIk, MH, Dengan Tema Pergi Mewariskan Kebanggaan, Datang Menumbuhkan Semangat, yang Bertempat di halaman Mako Polres Gresik, Jum’at (27/09/2019) Pagi.

Dalam upacara tradisi pisah sambut itu dilakukan serangkaian prosesi, diantaranya pedang pora. Pedang pora ini melibatkan dua regu perwira yang membawa pedang panjang dalam menyambut kedatangan Kapolres yang baru.

“Pedang pora ini tradisi untuk menyambut dan menghantar Kapolres baru dan lama. Ini merupakan rasa penghomatan dan penghargaan” terang Kasubag Humas Polres Gresik AKP Hasyim, Jum’at (27/9).

Sama halnya saat dilakukan penyambutan kepada pejabat baru AKBP Kusworo Wibowo SH,. SIk, MH, Pejabat lama yakni AKBP Wahyu Sri Bintoro S.H.S.I.K.M.si yang akan meninggalkan Mapolres Gresik disambut pasukan pedang pora yang berjajar yang akan melepas AKBP Wahyu Sri Bintoro beserta istri.

Suasana khidmat dan haru para polisi dan Bhayangkari terlihat saat Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro S.H.S.I.K.M.si mengalungkan bunga melati kepada pejabat Baru. Tak sedikit para anggota Polisi dan istri menitikan air mata saat pejabat baru mulai berjalan diantara barisan pasukan pedangpora.

Rasa haru semakin terasa manakala pejabat lama pamitan dengan seluruh anggota jajaran Polres Gresik.

Usai pamitan dengan seluruh anggota, puncak acara dilakukan dengan Penyerahan stick master drum corps giri santri oleh pejabat lama AKBP Wahyu Sri Bintoro S.H.S.I.K.M.si dan istri dan diakhiri dengan penyerahan Stick master drums corps AKBP Kusworo Wibowo SH,. SIk, MH, saat berada di panggung kehormatan.

Diketahui, AKBP Wahyu Sri Bintoro S.H.S.I.K.M.si telah menjabat Kapolres Gresik selama 17 bulan dan akan pindah ke Kabag Binkar Polda Jatim, Sedangkan penggantinya yakni AKBP Kusworo Wibowo SH,. SIk, MH, sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Jember.

Turut hadir dalam acara Kapolres
Kabag Binkar Polda Jatim AKBP Wahyu Sri Bintoro, SH., SIK., MSi (Kapolres Gresik Lama), Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, SH,. SIk, MH, Seluruh PJU Polres Gresik, Seluruh Kapolsek Jajaran Polres Gresik dan Seluruh Personil Polisi & ASN Polres Gresik.

Penulis : Cak Pri
Sumber : Humas Polres Gresik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button