Breaking NewsEdukasiNasionalNews

Peringati Pekan Glaukoma Sedunia, Giatkan Deteksi Dini Glaukoma

SURABAYA || HALLO JATIM – Memperingati pekan Glaukoma sedunia, seluruh Dokter mata Sub Spesialis Glaukoma sedunia akan menggelar sosialisasi kesehatan tentang deteksi dini Glaukoma.

Dr Lydia Nuradianti SpM (K) selaku Konsultan Glaukoma Rumah Sakit Mata Undaan & Rumah Sakit Delta Surya pihaknya menjabarkan kepada media Hallojatimnews.com berharap bahwa kegiatan ini mampu mengedukasi masyarakat mengenai bahaya Glaukoma serta memberikan fasilitas pemeriksaan mata bagi masyarakat berisiko Glaukoma.

“Glaukoma saat ini sudah menduduki urutan nomor 2 penyebab kebutaan di Indonesia yang sifatnya permanen atau seumur hidup,” jelasnya.

Bahkan pusat data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI melalui laporan “Situasi Glaukoma di Indonesia” mengemukakan, perkiraan jumlah penderita Glaukoma secara global mencapai 76 juta pada 2020 atau meningkat sekitar 25,6% dari angka satu dekade lalu yang masih 60,5 juta orang diperkirakan secara global akan terdapat sekitar 80 juta penduduk dunia menderita Glaukoma.

“Oleh karenanya, melalui kegiatan ini Dokter mata Sub Spesialis Glaukoma berupaya untuk mengedukasi masyarakat agar mampu mencegah terjadinya Glaukoma, Populasi masyarakat saat ini 90 persen penderita Glaukoma tidak merasakan sakit dan 10 persen penderita disertai rasa sakit. Akibatnya, bagi penderita yang tidak merasakan sakit dan tidak menyadari perkembangan penyakitnya membuat mereka terlambat berobat ke dokter,” terang Dr Lydia Nuradianti.

Glaukoma tersendiri merupakan kerusakan saraf optik akibat adanya tekanan bola mata, di mana akhir dari Glaukoma adalah kebutaan. Kondisi hilangnya lapang penglihatan biasanya berjalan lambat dan kurang disadari oleh penderita, sehingga sering disebut sebagai ‘pencuri penglihatan.

“Penderita Glaukoma, 30 persen di antaranya tidak terdiagnosis. Padahal, 80 persen kerusakan mata bisa dicegah jika diketahui sejak awal,” ungkapnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan mata secara dini bagi penderita Glaukoma dan keluarganya, jika keadaan tekanan bola matanya stabil periksakan 3-6 bulan sekali, terutama usia di atas 40 tahun. Sedangkan untuk pemeriksaan per tahun bagi yang tidak beresiko.

Faktor resiko apabila ada keluarga menderita Glaukoma segera periksa ke Dokter mata secara teratur, usia 40 tahun keatas, menggunakan obat-obatan yang mengandung steroid jangka panjang, riwayat Hipertensi, Diabetes.

“Glaukoma bisa menyerang semua usia baik anak anak, remaja, dewasa, usia lanjut. Periksa mata secara dini pada pasien Glaukoma dapat mencegah kebutaan secara permanen tukasnya. @ros

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button