DaerahNasionalNewsPolres Sidoarjo

Irjen Kemenkum HAM Kunjungi Lapas Kelas II Sidoarjo Dan Apresiasi Inovasinya

Sidoarjo – Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Razilu melaksanakan kunjungan ke Lapas Kelas II Sidoarjo untuk meninjau langsung lokasi dapur umum di dalam lapas, pada hari Jum’at 14 Januari 2022 siang.

Kedatangan Jenderal Kementerian Hukum itu, disambut hangat oleh PLT Kepala Kantor Wilayah Kumham Jatim dan Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jatim.

Dalam kunjungan tersebut, terlihat Irjen Razilu melakukan pengecekan langsung ke sejumlah kamar tahanan sambil menyapa warga binaan mulai dari depan gedung Sentra Layanan Publik Lapas Kelas II Sidoarjo.

Dikesempatan itu, Teguh selaku Kalapas kelas II Sidoarjo menyampaikan inovasi mulai dari aplikasi Drive thru kiriman barang untuk WBP, dan Inovasi temu online atau disingkat Si Temon yang memang disiapkan untuk meminimalisir tatap muka antara WBP dengan keluarga yang datang menjenguknya.

Menanggapi penjelasan dari Kalapas, Irjen Razilu apresiasi dengan adanya dapur umum yang berada didalam lapas ini cukup bersih dan hygenis, serta pengiriman barang kebutuhan sehari-hari ada sedikit notes supaya nama Aplikasi Si Temon diganti dengan nama yang Familiar.

Kemudian Irjen Razilu bersama rombongan melanjutkan peninjauan hasil budidaya ikan lele di sentra lapas yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi warga binaan dengan memberikan tausiah kepada warga binaan di Masjid Lapas Sidoarjo.

Usai memberikan tausyah Irjen memberikan penguatan dan pembangunan Zona Integritas yang saat ini dipersiapkan secara matang oleh Lapas Kelas II Sidoarjo terhadap seluruh pegawai guna menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Irjen Razilu juga memaparkan progres pembangunan Zona Integritas di Lapas dengan program 3 kunci pemasyarakatan maju yakni deteksi dini, sinergitas dan berantas narkoba yang harus terus dilakukan oleh Lapas ini.

“Kita sebagai ASN harus melayani semua penerima layanan sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan yang menjadi motor penggerak untuk melakukan perubahan mindset berubah kearah yang lebih baik adalah pimpinan yaitu Kalapas,” tuturnya. @Deft

Related Articles

Back to top button