Life Style

Makin Banyaknya Orang Terkena Diabetes? Apa Pwnyebabnya

Surabaya || HALLOJATIMNEWS -Gaya hidup sedentari, alias kurang gerak atau mager (malas gerak) adalah masalah yang sering dialami oleh penduduk perkotaan. Bekerja di depan layar komputer sepanjang hari, kelamaan terjebak macet di jalan, atau hobi main game tanpa diimbangi olahraga merupakan bentuk dari gaya hidup sedentari.

Jika Anda salah satu orang yang sering melakukan berbagai rutinitas tersebut, Anda harus waspada. Pasalnya, gaya hidup sedentari sangat membahayakan karena membuat Anda berisiko terkena diabetes tipe 2. Seperti dikutip dari hallosehat.com.

Gaya hidup sedentari adalah salah satu faktor risiko diabetes

Gaya hidup sedentari menyebabkan masyarakat, terutama penduduk kota, malas bergerak. Coba ingat-ingat, dalam sehari ini, sudah berapa kali Anda menggunakan aplikasi online untuk memenuhi kebutuhan Anda? Selain itu, tilik juga, berapa banyak langkah yang sudah Anda dapatkan pada hari ini?

Ya, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, apa pun yang Anda butuhkan kini bisa langsung diantar ke ruangan kantor Anda atau depan rumah. Selain hemat waktu, Anda pun jadi tak perlu mengeluarkan energi untuk mendapatkan apa yang Anda mau.

Namun, tahukah Anda bahwa segala kemudahan tersebut menyimpan bahaya bagi tubuh Anda? Minimnya aktivitas fisik karena gaya hidup ini membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa gaya hidup ini juga jadi salah satu dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Selain itu, data terbaru dari Riskedas 2018 menguak bahwa Jawa Timur merupakan provinsi dengan tingkat diabetes melitus tertinggi di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa gaya hidup mager amat erat kaitannya dengan tingkat diabetes di perkotaan.

Gambar

Gaya hidup sedentari picu resistensi insulin

Malas gerak akibat gaya hidup sedentari bisa menyebabkan Anda mengalami resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri merupakan kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Jika sudah mengalami resistensi insulin, tubuh Anda tidak bisa  menyerap dengan baik gula yang ada di dalam darah ke dalam sel-sel organ Anda. Akibatnya, kadar gula darah semakin meningkat di dalam darah dan Anda pun berisiko tinggi terkena diabetes.

Kondisi ini bisa semakin parah jika Anda merokok, sering minum alkohol, dan menerapkan pola makan tidak sehat seperti tinggi gula, garam, dan lemak. Sayangnya, resistensi insulin biasanya tidak memiliki gejala yang jelas. Anda bisa saja mengalami kondisi ini selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Kalau sudah parah, resistensi insulin bisa menyebabkan komplikasi serius yang membahayakan kesehatan Anda.

Cara mudah mencegah gaya hidup sedentari

Bagi masyarakat kota, mengubah gaya hidup sedentari mungkin tak mudah. Kabar baiknya, ada sejumlah tips dan rutinitas sederhana yang bisa membuat Anda lebih aktif bergerak.

Salah satu aktivitas fisik yang memungkinkan Anda bergerak lebih banyak adalah jalan kaki. Tak hanya murah meriah, jalan kaki juga bisa jadi alternatif paling mudah bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau energi lebih untuk berolahraga.Sabtu (12/10/19).

Nah, agar terbiasa untuk jalan kaki, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Naik-turun tangga

Mulai sekarang, cobalah untuk memilih naik tangga ketimbang naik lift atau eskalator sebagai upaya mencegah gaya hidup sedentari. Jika tempat yang Anda tuju berada di lantai yang tinggi, Anda bisa naik lift terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan naik tangga.

2. Parkir di tempat yang jauh

Selain itu, parkirkan kendaraan Anda di tempat yang jauh dari biasanya, dan berjalan kakilah menuju tempat tujuan Anda. Hal ini juga bisa diterapkan ketika Anda menggunakan angkutan umum. Turunlah satu halte sebelum tempat tujuan, sehingga Anda memiliki banyak kesempatan untuk lebih banyak berjalan dan menghindari gaya hidup sedentari.

3. Cari inspirasi di luar ruangan

Bagi pekerja kantoran, Anda juga bisa menghalau rasa bosan atau sekadar mencari inspirasi dengan berjalan kaki mengitari gedung kantor selama beberapa menit. Namun, pastikan Anda menggunakan tangga, ya! Tujuannya tentu agar Anda terhindar dari gaya hidup sedentari.

4. Pakai meja kerja berdiri

Jika sudah kelamaan duduk di kursi, Anda bisa kerja sambil berdiri. Agar nyaman, gunakan standing desk atau meja yang cukup tinggi supaya Anda bisa bekerja sambil berdiri. Anda juga bisa mengajak rekan kerja mengobrol atau meeting sambil berdiri.

5. Belanja di pusat perbelanjaan

Potongan harga yang diberikan situs belanja online memang menggoda, tapi sekali-kali belanjalah barang-barang yang Anda butuhkan langsung ke pasar atau pusat perbelanjaan. Selain bisa melihat kualitas produk yang Anda beli secara langsung, pergi ke pusat perbelanjaan juga memungkinkan Anda untuk lebih banyak bergerak. Misalnya untuk sekadar mencari-cari barang dari satu rak ke rak lainnya.

6. Beres-beres rumah

Aktivitas sederhana seperti bersih-bersih rumah ternyata juga bisa membuat Anda lebih aktif bergerak. Menyapu, mengepel lantai, atau mencuci pakaian dengan tangan dapat membantu membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh Anda.

Ingat, gaya hidup sedentari adalah kebiasaan buruk yang harus segera Anda ubah. Jangan tunggu nanti atau sampai menjadi penyakit diabetes, tapi mulailah sekarang juga sebelum terlambat.

Penulis : Cak Pri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button