kesehatan

Pemdes Semampir bersama Mahasiswa Unesa Sosialisasikan ASI Eksklusif

Sidoarjo – Air susu ibu adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi.

Dalam rangka mengimplementasikan mata kuliah pendidikan gizi, Mahasiswa Unesa jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga melakukan sosialisasi ASI Eksklusif di desa Semampir, Kecamatan Sedati, kabupaten Sidoarjo, Rabu (23/11/2022).

Bertempat di balai desa Semampir, acara diikuti oleh para ibu hamil dan menyusui yang ada di desa Semampir. Turut hadir, bidan desa Semampir, Kader Posyandu Kumbang Semampir, Penggerak PKK Semampir dan Kepala Desa Semampir.

Tiga mahasiswa Unesa, Adinda Fathikah Sari, Ajeng Risma Dewanti dan Mayumi Aisyah Lady memberi edukasi dan pengertian pemberian ASI secara eksklusif, kandungan ASI, pentingnya ASI bagi ibu dan bayi, kebutuhan ASI bagi bayi, cara menyusui yang baik, serta pemberian ASI bagi ibu yang bekerja.

Media penyuluhan yang digunakan oleh mahasiswa Unesa ini adalah slide presentasi dengan menampilkan gambar-gambar yang berhubungan dengan edukasi pemberian ASI supaya lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Bidan desa Semampir Ibu Dini dalam sambutannya mengharap agar ilmu yang di dapat dari kegiatan tersebut, kedepannya bisa bermanfaat, khususnya bagi ibu- ibu yang ada di Desa Semampir, kecamatan Sedari, kabupaten Sidoarjo.

Senada dikatakan Kepala Desa Semampir Luqman Mualim, meminta agar ibu – ibu bisa menyimak dengan baik apa yang akan di jelaskan oleh Presentator.

”ASI dan kesehatan gizi balita ini sangat penting, kalau anaknya sehat, ibunya akan senang, kalau sehat pasti bayinya gak rewel otomatis kondisinya makin sehat,”ucap Luqman.

Masih lanjut Luqman, bahwa ibu- ibu sekarang ini mungkin ada yang tidak memberikan ASI Eksklusif kepada anaknya dengan alasan tertentu seperti kesibukan, ASI tidak dapat keluar dan lain-lain.

”Saya pribadi dan atas nama pemerintah desa Semampir mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Unesa, serta semua yang telah mensupport kegiatan sosialisasi ASI eksklusif pada hari ini. Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap bisa membawa manfaat bagi orang tua, terutama para ibu agar lebih memahami pentingnya ASI bagi bayi mereka”,pungkasnya.

@deft

Related Articles

Back to top button