Life Style

10 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

SURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Bangun dari tempat tidur biasakan kita pasti akan merasa haus, kita biasanya akan mengalami rasa haus sehingga akan bergegas untuk mencari air minum. Pakar kesehatan menyebutkan jika rasa haus ini adalah mekanisme alami tubuh karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan apapun selama tidur malam. Namun, tahukah anda jika kita segera minum air putih setelah bangun tidur dan perut dalam kondisi kosong ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh? Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

Membuat racun segera terbuang dari tubuh Setelah kita minum air putih bangun tidur dan dalam kondisi perut yang kosong, maka sistem pencernaan tubuh pun akan kembali aktif. Saat tidur malam, tubuh melakukan proses pembersihan dan perbaikan sel-sel tubuh sekaligus mengeluarkan berbagai racun. Adanya asupan air putih ini akan membantu proses pembuangan racun tersebut sehingga tubuh pun akan terasa jauh lebih segar. Selain itu, dengan adanya asupan air putih, maka produksi sel-sel otot dan sel-sel darah yang baru akan lebih lancar.

Membuat sistem metabolisme meningkat

Pakar kesehatan menyebutkan jika minum air putih setelah bangun tidur bisa segera meningkatkan sistem metabolisme tubuh hingga 24 persen. Alhasil, sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar dan usus pun akan menjadi lebih bersih. Selain membuat buang air besar menjadi lebih lancar, usus juga akan lebih baik dalam menyerap berbagai nutrisi baik dalam makanan.

Mengatasi masalah pencernaan
Andai kita mengalami peningkatan kadar asam pada perut yang membuat perut tidak nyaman, maka kita bisa mengatasinya dengan minum air putih di pagi hari.

Dengan adanya air putih, maka kadar asam ini akan ikut terlarut dalam air dan kita pun tidak akan mengalami masalah pencernaan ini.

Menjaga kesehatan ginjal
Dengan meminum setidaknya 500 cc air putih saat bangun tidur dan dalam kondisi perut yang masih kosong, maka kita akan lebih baik dalam mencegah masalah batu ginjal dan infeksi pada kandung kemih.

Menjaga kesehatan kulit
Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, maka aliran darah pada kulit juga akan menjadi lebih lancar dan hal ini bisa berimbas pada semakin membaiknya kesehatan kulit kita dan ada 10 Manfaat Minum Air Putih bagi Kesehatan

1. Melumasi sendi

Tulang rawan ditemukan di sendi dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan penyerapan goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.

2. Membentuk ludah dan lendir

Saliva membantu kita mencerna makanan kita dan menjaga mulut, hidung, dan mata lembap. Ini mencegah friksi dan kerusakan. Minum air putih juga membuat mulut tetap bersih.

3. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh

Darah lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Manfaat minum air putih sebelum tidur juga sangat bagus, di antaranya dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh melakukan proses pembaruan sel, tidur menjadi nyenyak, dan mendetoksifikasi dari berbagai racun dalam tubuh.

5. Sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Ini juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.

6. Mengatur suhu tubuh

Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh saat olahraga.

Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika air terlalu sedikit di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas.

Cukup banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama latihan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk efek ini.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Usus membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Ini meningkatkan risiko sakit maag.

8. Membersihkan sisa-sisa tubuh

Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan pembuangan air seni dan kotoran.

9. Membantu menjaga tekanan darah

Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, meningkatkan tekanan darah.

10. Melancarkan saluran udara

Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini bisa membuat asma dan alergi lebih buruk.

Itulah keajaiban manfaat air putih yang bisa Anda rasakan jika minum tercukupi. Yuk mulai sekarang jaga asupan cairan dalam tubuh, Teman Sehat. ( Cak Hand).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Kontak Redaksi