EdukasiNasionalNewsPemerintahan

Gubernur Khofifah Buka Festival Hari Buku Nasional 2022

Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membuka Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2022 yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Daerah Jawa Timur, Selasa (17 Mei 2022) di Maspion Square Surabaya.

Mengangkat tema “Transformasi Digital untuk Literasi Bangsa”, FHBN 2022 ini akan berlangsung selama 6 (enam) hari pada tanggal 17-22 Mei 2022.

“Seluruh rangkaian Festival Hari Buku Nasional ini adalah bagian dari upaya untuk mencerdaskan dan membangun kebijaksanaan bagi seluruh proses berpikir, bersikap, dan bertindak kita,” ujar Khofifah dalam sambutannya.

Peserta FHBN 2022 terdiri dari penerbit dari dalam dan luar negeri, lembaga kebudayaan, Perpustakaan Nasional beserta perpustakaan-perpustakaan daerah dan instansi pemerintah, distributor/toko buku, penerbit buku digital/elektronik (eBook), toko buku elektronik (eBook Stores), dan penyedia jasa/produk sarana penunjang pendidikan.

Acara ini terselenggara berkat kerja sama IKAPI dengan beberapa instansi dan lembaga di antaranya Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jatim, Dinas Pendidikan Jatim, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim, LP Maarif PWNU Jatim, Dikdasmen Muhammadiyah Jatim, dan PT ENAM KUBUKU INDONESIA E-Resources Transferring Knowledge.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga menerima secara simbolis sumbangan tugu titikbaca dari IKAPI dan PT ENAM KUBUKU INDONESIA, sejumlah 63 titikbaca yang selanjutnya diserahkan kepada 38 Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Jawa Timur, 20 Perpustakaan daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dan 5 Bakorwil yang ada di Jawa Timur.

“Transformasi digital diharapkan bisa menjadi bagian dari gerakan peningkatan literasi kita semua. Sebanyak apa gadget yang kita punya, sebanyak apa fitur-fitur yang kita akses, proses itu harus diselenggarakan dengan lebih bijak dan cerdas,” tutur Gubernur Jatim. @ njb

Related Articles

Back to top button