DaerahNasionalNews

Tepat di Malam Nisfu Sya’ban, Desa Kebaron Memperingati Haul Para Pendahulu

Sidoarjo – Bertepatan di malam Nisfu Sya’ban 2022, Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Sidoarjo mengadakan acara peringatan Haul Sesepuh Desa / para Pendahulu, pada hari Kamis (17/03/2022) malam.

Hal itu dilaksanakan setiap tahun sekali guna mengingat peristiwa yang selalu dikenang dalam sejarah Islam, bagi umat muslim kepada para alim ulama yang telah wafat.

Lantunan syair ayat suci Al-Qur’an berkumandang di malam yang penuh khidmad, tepatnya di malam Nisfu Sya’ban dengan cuaca yang sangat cerah, sehingga tidak menyurutkan antusias warga yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dari pantauan awak media Hallo Jatim dilokasi, terlihat warga Desa Kebaron melaksanakan Hafidz Qur’an di tiap-tiap Musholla, dan berlanjut untuk berdoa di makam para leluhur.

Kemudian dalam Haul Sesepuh Desa ini juga di bacakan tahlil bersama yang dipimpin oleh Ust. Khoirul Izza serta tausiyah dan istigosah oleh Ust. Fauzi Dahlan.

Selaku Kepala Desa Kebaron H. Suwito menyampaikan, puji syukur kepada Allah SWT yang mana pada hari ini atas ridhonya, semua warga Kebaron bisa hadir dalam rangka memperingati Haul Desa Sesepuh ini.

”Semoga warga Desa Kebaron bisa bersinergi antara ulama dan lembaga yang terkait, diharapkan seluruh warga setempat harus mempunyai komitmen demi kemajuan Desa Kebaron khususnya,” ucap H. Suwinto kepada media ini.

Dikesempatan yang sama, Nyoto selaku Sekertaris Desa Kebaron menjelaskan, mengenai terkait acara Haul tersebut merupakan uri – uri adat istiadat yang dilaksanakan secara agamis,”Karena yang namanya ruwat desa itu adalah sedekah bumi, dan haul desa itu juga sama,” terang Nyoto.

Khubbiah Khildun Nikmah (40) selaku Ketua LPMD memaparkan, ketika beristigosah kita semua berdhizir bersama-sama sampai membuat hati dan pikiran terasa tenang, dengan merasa banyak keluarga yang berkumpul tanpa memandang kesenjangan sosial.

“Saya berharap kepada saudara-saudaraku yang hadir di acara haul ini agar tetap guyup, rukun, hormat dan tetap selalu menjalin tali silaturahmi di manapun itu,” ujar Ketua LPMD.

Sementara itu, selaku Babinkamtibmas R. Taufan juga mengatakan, bahwa tiga pilar di desa Kebaron ini saling berkesinambungan, dan situasi keamanan berjalan dengan baik demi keamanan masyarakat Desa Kebaron khususnya untuk berdzikir bersama.

Serma Edi selaku Babinsa sangat mengapresiasi Desa Kebaron dalam melaksanakan kegiatan Haul Sesepuh Desa untuk mengenang jasa para pendahulu,” Kami disini sebagai keamanan hanya bisa mengawal dan mendampingi jalannya kegiatan ini supaya berjalan dengan aman dan kondusif,” tuturnya.

Demikian dengan terlaksananya peringatan Haul Sesepuh Desa Kebaron ini, juga diungkapan dari semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Untuk itu, H. Suwito selaku Kepala Desa Kebaron mengucapkan terimakasih kepada sesi kepanitiaan yakni saudara Adityo Nugroho. @Deft

Related Articles

Back to top button