BaksosNasionalNewsTNI-ku

Krisis Air Bersih : Lantamal V Kerahkan Dua Kapal TD Angkut Tongkang Air Bersih Untuk Warga Sumenep

SURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Kemarau berkepanjang menyebabkan masyarakat di Pulau Sapudi, Gili Genting dan Kangean, mengalami bencana kekeringan, untuk itu Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) mengerahkan dua Kapal TD Tambora dan TD Bromo untuk mengangkut tongkang berisi 250 ton air bersih untuk disistribusikan kepada masyarakat di daerah tersebut.

“Sesuai perintah Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP, kita telah menyiapkan dan memberangkatkan dua kapal kita untuk membawa bantuan air bersih untuk masyarakat di Pulau Kangean, Gili Genting dan Sapudi,” terang Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi saat melepas keberangkatan Satuan Tugas Bantuan Bencana Lantamal V di Dermaga G, Koarmada ll, Ujung Surabaya, Minggu (3/11).

Sementara itu ditempat terpisah, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP, mengatakan bahwa dampak musim kemarau panjang tahun ini telah dirasakan hampir seluruh masyarakat di Indonesia, termasuk di daerah Kangean, Gili Genting dan Sapudi, Kabupaten Sumenep yang berada diwilayah kerja Lantamal V.

“BMKG memprediksi musim hujan akan dimulai pada awal November ini, namun sampai hari ini hujan baru turun di beberapa wilayah dengan intensitas kecil, sehingga dampaknya masyarakat mengalami masa kekeringan yang panjang,” ujarnya.

Satgas Bencana Alam Lantamal V yang di tugaskan melakukan distribuai air bersih ke wilayah ini dipimpin Kapten Laut (P) Syaiful Ali (Pabandyalat Sops Lantamal V) dengan tim gabungan dari Sintel, Sops, Dissyahal, Dispotmar, Disbek dan Dispen Lantamal V.

“Satgas Bencana yang akan bertugas mulai tanggal 3 s/d 8 November ini, diperkirakan tiba Senin (4/11) besok di Pulau Sapudi sebagai sasaran pertama penyaluran air bersih, setelah itu berlanjut ke Gili Genting dan Kangean,” jelasnya.

Danlantamal V menegaskan bahwa Lantamal V sudah jauh jauh hari menyiapkan Satgas Penanggulangan Bencana yang bisa digerakan sesuai kebutuhan, dan telah memerintahkan staf dijajarannya untuk selalu kerkomunikasi dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah kerja Lantamal V untuk langkah langkah penanggulangan bencana.

Ia beberharap, melalui bantuan distribusi air bersih ini, masyarakat di tiga pulau ini bisa terbantu dalam memenuhi air sebagai kebutuhan pokok sehari hari, dan berharap musim penghujan segera tiba,” pungkasnya. @(Red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button