ADVENTORIALNasionalNews

IPM Masjid Remaja Surabaya Adakan Kegiatan Sosial Sedekah Centelan Berkah

Surabaya – Masjid Merupakan Tempat Ibadah dalam rangka menjalankan kewajiban kepada Allah SWT melalui Sholat sekaligus tempat menjalankan kewajiban sesamanya melalui bermuamalah, seperti halnya Masjid Remaja yang terletak di Jalan Kalilom 3 nomor 41 kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya ini, selain digunakan rutinitas ibadah seperti Sholat juga sebagai tempat berkegiatan lain salah satu nya kegiatan sosial kemasyarakatan.

Masjid yang dipimpin oleh Takmir H. Maryono ini seakan tidak pernah sepi, selalu di ramaikan dengan kegiatan kegiatan ibadah lainnya seperti kajian kajian Islam yang rutin dilakukan dalam seminggunya yang dinamai dengan kajian Ahad Subuh dan kajian Ahad Sore yg di sampaikan narasumber kompeten dalam bidang Agama Islam dari Koorps Mubaligh Muhammadiyah Surabaya maupun Jawa Timur. (19/09/2021).

Masjid Remaja juga mengembangkan program program sosial kemasyarakatan melalui Departemen Kesejahteraan jama’ah dan masyarakat yang baru baru ini menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa dengan membelikan kelengkapan sekolahnya yang pada waktu masuk sekolah serta memberikan donasi untuk buaya kontrakan rumah dab sisanya untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu Masjid Remaja juga tidak sepi dari kegiatan anak anak remaja nya, yang ramaikan oleh IPM ( Ikatan Pelajar Muhammadiyah ) yang memiliki program kegiatan remaja salah satunya seperti kajian rutin remaja dan juga kegiatan sosial.

Seakan tidak mau kalah dengan Bapak bapak Ta’mir Masjid Remaja , Remajanya atau IPM juga punya program sosial kemasyarakatan yang ia namai “CENTELAN BERKAH”.

Muhammad Aldy selaku Anggota Departemen Pembinaan Kader Masjid Remaja menjelaskan, acara kegiatan Cantelan Berkah ini bertujuan membantu meringankan ibu ibu sekitar masjid Remaja yang saat hari itu kesulitan untuk membeli belanjaan atau kebutuhan masak sayuran dll, dengan kegiatan ini harapan melatih teman teman remaja untuk rajin dalam bersedekah.

” Kegiatan ini atas partisipasi dari anggota IPM sendiri dengan menyisihkan sebagian uang sakunya untuk bersedekah,” kata Aldy yang merupakan siswa kelas XI SMK NEGERI 5 Surabaya.

Ananda Farin selaku ketua IPM Masjid Remaja menuturkan, Alhamdulillah acara centelan berkah ini berjalan dengan lancar , banyak animo masyarakat yg menerima manfaat dari kegiatan ini, hari ini ada 40 bungkus sayuran dan ludes terbagi semuanya.

“Saya berharap acara ini bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat, kami juga menerima partisipasi dari masyarakat yg ingin bersedekah berupa centelan berkah dan kami berupaya mengembangkan program ini dengan mencari donatur donatur atau sukarelawan dari luar , sehingga jumlah bungkus sayuran akan lebih banyak lagi,” tetang Farin yang merupakan siswi kelas SMA Negeri 1 Surabaya.

 

@ njb

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button