Baksos

Multi Bintang Bersama Aliansi Air Mojokerto Lari Estafet 88 KM Dan Bersihkan Sungai Cumpleng

MOJOKERTO || HALLOJATIMNEWS – Wabup Mojokerto H.Pungkasiadi saat memberikan medali kepada karyawan Multi Bintang Asep Saifulloh PT Multi Bintang Indonesia bersama Aliansi air Mojokerto,Bank sampah Mojokerto,dan sukarelawan dari berbagai komunitas berkotmitmen untuk bersihkan sungai cumpleng, anak sungai dari sungai brantas.

Kegiatan bersih- bersih sungai,sambil olah raga ini,12 karyawan Multi Bintang melakukan lari estafet River2River sepanjang 88 km dari sungai cumpleng dan dua sungai lainnya di Mojokerto dalam tiga hari.Di Waktu bersamaan, ribuan relawan Aliansi Air Mojokerto dan Bank sampah Mojokerto akan membersihkan sampah di sungai dan edukasi tata kelola sampah di sepanjang rute.Kegiatan ini betujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan sungai.

Karena lebih dari 14 juta orang di Jawa Timur menggantungkan mata pencarihannya pada sungai brantas ,dimana tiga juta popok dan 1 ton sampah rumah tangga dibuang setiap harinya.PT Multi Bintang Indonesia,Tbk(Multi Bintang) bersama dengan lebih 2.500 relawan menggelar aksi bersih sungai dan program edukasi tata kelola sampah sebagai langka awal dari gerakan tiga tahun dalam memulikan kebersihan sungai Cumpleng di Mojokerto.

“Sungai adalah sumber kehidupan yang penting tetapi belum sepenuhnya terlindungi dengan baik.Multi Bintang selalu berkomitmen untuk melindungi sumber daya air di mana pun kami beroprasi.Kami percaya gerakan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat di Mojokerto tetapi juga bagi jutaan orang di jawa Timur ,” kata Ika Noviera,Corporate Affairs Director PT Multi Bintang Indonesia,Tbk,di Mojokerto (07/11/2019).

Untuk mendorong gerakan tiga tahun ini,Alinasi Air Mojokerto dan Multi Bintang menggelar aksi penggalangan dan lewat platform KitaBisa.com untuk mengundang partisipasi masyarakat Indonesia untuk mendukung pejalanan Sungai Cumpleng menjadi bersih kembali.

Sebagai penggalangan dana,pada tanggal 5-7 November 2019,dari donasi ini akan berkontribusi untuk instalasi jebakan sampah bambu di sungai ,kegiatan bersih-bersih sungai bank sampah dan program pendidikan pengelolaan sampah di sungai cumpleng selama tiga tahun yang dilakukan oleh aliansi air Mojokerto.Target pendanaan yang ingin dicapai adalah 1 milyar rupiah.

“Untuk setiap 250 juta rupiah yang terkumpul,yayasan sahabat Multi Bintang akan menambah 100 juta rupiah lagi untuk inisiatif ini,” jelas Ika.

Indonesia memiliki sistim sungai yang beragam diseluruh negeri.Sungai -sungai mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk transportasi dan pengunaan air rumah tangga terutama untuk masak.Selain itu,ikan disungai cumpleng merupakan sumber pasokan makanan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Masyarakat mengunakan air sungai untuk kebutuhan hidup dan masak sehari-hari.Sungai yang bersih dan jernih adalah anugerah dari alam,tetapi kita kehilangannya sekarang.Pengetahuan yang tidak memadai tentang tata kelolah sampah adalah alasan mengapa menjadi sungai seperti saat ini,”terang Gansar salah satu pendiri Aliansi Air Mojokerto.

Info terbaru dari bersih-bersih sungai Cumpleng tiga tahun dan donasi untuk mendukung komunitas di Mojokerto.

Di hari terakhir dari kegiatan bersih-bersih sungai acara penutupan di laksanakan di area PT Multi Bintang Indonesia Desa Sampangagung,Kecamatan Kutorejo,Kabupaten Mojokerto.

Penutupan yang dihadiri Wabup Mojokerto Pungkasiadi,beserta jajarannya, Dalam sambutanya Wabup pungkasiadi,mengajak semua warga masyarakat mojokerto peduli sampah,dan tidak membuang sampah khususnya disungai.Menurut wabup air sungai adalah kebutuhan pokok untuk masyarakat sejak jaman nenek moyang.

”Saya mengajak peran serta masyarakat untuk menjaga kejernihan dan kebersihan air sungai,agar ekosistem air seperti ikan air tawar bisa hidup dan berkembang biak,karena air dan ikan yang hidup didalamnya adalah sumber yang bermanfaat bagi kebutuhan hidup setiap hari,”tutur Wabup Mojokerto Pungkasiadi,Kamis(07/11/2019)

Dalam penutupan kegiatan Aliansi Air Mojokerto,bersih-bersih sungai Cumpleng kerjasama dengan PT Multi Bintang Indinesia (bir bintang), Pungkasiadi berkesempatan memberikan medali kepada 12 karyawan Multi Bintang yang ikut melakukan bersih-bersih sungai sambil lari secara estavet River2River sejauh 88 km,disepanjang rute selalu memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar bantaran sungai cumpleng agar tidak membuang sampang kesungai.(lum)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button