TNI-ku

DISPOTMAR KOARMADA II Beri Pembekalan Bela Negara Kepada Ratusan Pelajar SMP DI Surabaya Dalam LDKS 2019

SURABAYA | HALLOJATIMNEWS – Selama dua hari, tepatnya dari tanggal 7 hingga 8 Desember 2019, Komando Armada II melalui Dinas Potensi dan Pembinaan Maritim (Dispotmar) mendapat kepercayaan dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya, untuk memberikan pembekalan tentang Jati Diri Bangsa, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta Kepemimpinan dan Anti Narkoba.

Pembekalan tersebut diberikan kepada ratusan siswa siswi dari SMPN 11, 44, 48 dan 58 Surabaya dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah tahun 2019 yang dilangsungkan di SMPN 11 Surabaya.

Sementara itu Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dalam amanatnya yang dibacakan oleh Letkol Laut (KH) Hari Agus Hariyanto mengatakan bahwa keanekaragaman adat istiadat, budaya maupun agama yang ada di Indonesia kadang menimbulkan premodialisme yang cenderung melunturkan jiwa kebersamaan dan persatuan.
“Disinilah perlunya mengingatkan kembali pada jati diri bangsa, wawasan kebangsaan, bela negara serta kepemimpinan dan bahaya narkoba, sehingga terlahir kesadaran dalam diri kita akan pentingnya rasa cinta tanah air, sesuai slogan Bhineka Tunggal Ika,“ terang orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Selain itu menurut Panglima Koarmada II bahwa kekayaan alam yang sangat melimpah yang kita miliki, membutuhkan penanganan dari tangan-tangan anak bangsa yang berkarakter. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus dilaksanakan sebagai proses pembentukan kepribadian yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas dan kematangan betpukir seseorang.

“Pendidikan karakter atau pendidikan moral merupakan bagian penting dalam membangun jati diri bangsa. Kecerdasan emosional, spiritual dan kepribadian itu penting dalam membangun karakter yang tangguh, mandiri, aktif, kreatif dan berdedikasi tinggi,” tegas laksamana dengan dua bintang di pundak ini.

Selain menerima pembekalan materi yang telah disebutkan di atas, seluruh peserta LDKS Tahun 2019 juga menerima pembekalan tentang nilai-nilai kedisiplinan melalui kegiatan baris berbaris dan pengenalan tradisi Angkatan Laut, yang diberikan secara langsung melalui mini tour ke Markas Koarmada II dengan mengunjungi Monumen Jalaesveva Jayamahe, KRI Bimasuci dan Fleet House. Dan untuk Acara Penutupan dilaksanakan di Indoor Sport Koarmada II.

Pewarta : Cak Hand.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Kontak Redaksi