Daerah

Kapolres Gresik Apel kesiapan tanggap bencana alam dan Tenda Pendirian Pengungsian

GRESIK || HALLOJATIMNEWS – Dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Wilayah Kabupaten Gresik, Polres Gresik, gelar apel pasukan di halaman apel SMP Muhamadyah Ds.morowudi kec.cerme kab gresik, dengan mendirikan posko Banjir, Minggu (15/12/19).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo SH. S.I.K. MH, dan dihadiri Letkol Budi Handoko S.SOS (DANDIM 0817 GRESIK), Kompol Dhyno Indra Setyadi, S.I.K. M.si (Wakapolres gresik), PJU polres gresik, kapolsek jajaran polres gresik, para Danramil dan -+ 200 anggota upacara.

Pada pelaksanaan apel Kapolres Gresik menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh undangan dan peserta apel yang hadir dipelaksanaan apel gelar pasukan ini.

Selanjutnya Kapolres Gresik menyampaikan tujuan pertama untuk mendirikan posko banjir ini untuk membantu warga yang terkena dampak bencana banjir.

Dengan pendirian Posko banjir tersebut, lanjut Kusworo mengatakan juga akan membantu masyarakat dalam mencari tempat perlindungan apabila terjadi musibah banjir dan jangan sampai masyarakat kebinggungan kemana mereka akan menyelamatkan diri jika terjadi bencana banjir, maka kita siapkan tenda-tenda, serta kita akan siap menjaga keamanan baik jiwa maupun harta yang berharga milik masyarakat, ” Kata Kapolres Gresik.

Masih kata Kusworo menambahkan dengan membagi-bagi peluit kepada masyarakat, yang nantinya dipergunakan untuk membantu memangil para petugas. Karena dengan suara peluit pera petugas akan tanggap bahwa itu tanda ada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Maksud apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI dan Polri, BNPB, Basarnas,dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana, ” ungkapnya.

Kabupaten Gresik khususnya di wilayah daerah Morowudi Cerme ini selalu jadi langganan banjir jika musim hujan tiba, Oleh karena itu kami sengaja mendirikan Posko Tanggap Bencana Banjir ini untuk memudahkan masyarakat mencari bantuan dan tempat berlindung apabila terjadi banjir,” kata Kapolres Gresik,” Kata Mantan Kapolres Jember ini.

“Maka dari itu, amat sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana,”

Harapannya seluruh stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat Kelurahan hingga Kabupaten.

“Meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana.”

Perlunya edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi.

“Tingkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana, yang meliputi antara lain,
Pengintegrasian setiap stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana. Penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan yang ada, eningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pelatihan penanggulangan bencana.”

Meningkatkan kualitas data, informasi, dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

“Menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah,
memberikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana,” kata Kusworo.

Pewarta : Cak Pri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Kontak Redaksi