Daerah

Polres Gresik Gelar Pasukan Ops Semeru Lilin 2019 Jelang Nataru 2020 Turunkan 191.807 personel

GRESIK || HALLOJATIMNEWS – Dua pekan menjelang liburan panjang yang bertepatan dengan sejumlah rentetan hari liburan diantaranya liburan Sekolah, libur perayaan natal dan liburan pergantian tahun, yang jelas akan sedikit merepotkan aparatur Negara khususnya Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menjaga keamanan dan kenyamanan serta mengayomi masyrakat yang hendaknya melaksanakan liburan sekolah, natal dan perayaan pergantian tahun 2020.

Polres Gresik melalui operasi (Ops) Lilin Semeru 2019 berupaya mengantisipasi gangguan Kamtibmas, daerah rawan tindak kriminalitas hingga potensi teror di lokasi tempat keramaian dan tempat ibadah tersebut.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo SH. S.I.K MH. saat melaksanakan apel gelar pasukan Ops lilin semeru 2019, lengkap dengan penggelaran alut alsusnya menjelaskan dengan adanya apel tersebut sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, di halaman pemkab gresik kec.kebomas kab.gresik, Kamis (19/12/19). Pagi.

“Operasi Lilin 2019 ini diselenggarakan selama 10 hari terhitung mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 01 Januari 2020 dengan mengedepankan giat preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum.operasi ini melibatkan personil Polri, TNI dan instansi terkait beserta komponen masyarakat,” jelasnya,

Masih kata Kapolres Gresik menambahkan Operasi lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan di laksanakan selama 10 hari, fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru , terminal , pelabuhan, stasion KA, dan bandara.

Operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan dengan kekuatan personel tersebut akan di tempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan,745 titik pos pelayanan,dan 45 titik pos terpadu dalam operasi ini kami mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan di dukung kegiatan inteligen,berupa deteksi dini dan deteksi aksi,serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, kata Kapolres Gresik.

Lebih lanjut Kusworo menegaskan Untuk mendukung keberhasilan tugas ada 5 penekanan yang diantaranya,
a.tetap jaga kesehatan
b.pastikan setiap personil hadir sesuai plotting
c.lakukan deteksi dini
d.laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis
e.mantabkan kerja sama,sinergi,dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, ” tutupnya.

Usai pelaksanaan giat Ops Upacara lilin semeru 2019 dilanjutkan pemusnahan barang bukti Miras sebanyak 733 Miras hasil ops aman semeru 2019 polres gresik.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh segenap unsur pimpinan daerah Kabupaten Gresik mulai dari AKBP Kusworo Wibowo SH.,SIK.,MH (Kapolres gresik,Drs.H.Moh.Qossim (Wakil bupati gresik), Heru Winoto SH.,MH (KAJARI GRESIK), Mayor  Suwanto (KASDIM 0817 GRESIK), PJU polres gresik dan kapolsek jajaran polres gresik beserta -+ 300 anggota Apel.

Pewarta : Cak Pri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button