Peristiwa

Angin Puting Beliung Terjang Dua Desa di Tanggulangin sidoarjo, 50 Rumah Rusak

SIDOARJO || HALLOJATIMNEWS – Angin puting beliung menerjang  Dua desa Banjarpanji dan Bajarsari di Kecamatan tanggulangin, Kabupaten sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (25/12/2019) Sore.

Dua desa yang diterjang yaitu Desa
Banjarpanji dan Banjarsari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

Kejadian itu menyebabkan 50 rumah warga rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dari kejadian itu.

“Kejadiannya Rabu pukul 13.30 WIB. Sekitar 50 rumah warga yang nglingkap (lepas) gentingnya,” kata Sekretaris Desa Banjarpanji Abdul Rochman, dikonfirmasi hallojatim, Rabu (25/12/19).

Foto / Rumah Warga Bekas diterjang Puting Beliung

Akibat Hujan disertai angin puting beliung ini, genting, knopi, di bawa kencang angin sejauh 50 meter. Tak hanya itu, pepohonan banyak yang tumbang dan beberapa tembok rumah turut ambruk dan jebol.

Sekretaris Desa Banjarpanji Abdul Rochman saat dikonfirmasi media ini mengatakan, angin puting beliung yang menerjang rumah warga itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Awalnya, pusaran angin puting beliung yang menimpa disamping warung apung.

Kemudian membesar kearah selatan dan menerjang pohon, atap, knopi, dan tembok. Warga mengetahui peristiwa itu, merasa ketakutan langsung berlarian dan berhamburan menyelamatkan diri,” ucapnya

Diuraikan Abdul Rochman, kerusakan tersebut tercatat dilingkungan RT. 01, 02, 03 RW. 01, dan RT. 07, 08 RW. 02 sebanyak 50 unit rumah. Kerusakannya, rata-rata atap (genting), seng kanopi, dan tembok. Sedangkan kerusakan paling parah, adalah warung apung karena atapnya telepas dan terbawa angin.

Korban luka-luka maupun korban jiiwa tidak ada (nihil), hanya materiel dan kerugian belum dapat ditafsirkan. Karena kondisi masih hujan, sehingga belum bisa melakukan pendataan kerumah warga”, terangnya

” Saat ini warga saling bahu-membahu bergotong-royong, membersihkan reruntuhan genting, seng knopi, dan batu bata yang berserakan. Sedangkan warga yang lain, melakukan pemotongan kayu dan pohon yang roboh menutupi akses jalan, ungkap Abdul Rohman

Hal sama dikatakan Penjabat Kepala Desa Banjarasri Sudarna menjelaskan diwilayah kerjanya hanya 2 unit rumah yang terkena atau diterjang angin puting, rumah warga yang paling parah itu, dibelakang kantor balai desa, dan satunya di samping masjid. Sedangkan atap pendopo kantor balai desa, dibagian depan atapnya juga rusak, katanya

” alhamdulillah mereka pada selamat, tidak ada korban luka-luka maupun tidak ada korban jiwa. Warga itu, berlarian, dan ketakutkan menyelanatkan diri, saat rumahnya diterjang angin puting beliung,” Kata Kepala desa Banjarsari. @Diefta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Kontak Redaksi