NasionalNewsTNI-ku

Pameran Alutsista TNI di AAL Bumimoro Di Serbu Ribuan Pengunjung

SURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Ribuan pengunjung tampak antusias memadati gelaran Pameran Alat Utama Sustem Senjata (Alutsista) TNI dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI yang dihelat di Lapangan Arafuru, Mako Akademi Angkatan Laut (AAL), Bunimoro, Surabaya, Minggu (6/10).

Komandan Garnisun Tetap lll/ Surabaya yang juga Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi membuka secara resmi pameran tersebut dengan menekan tombol sirine bersama Wagub Jatim Emil Dardak, Kapolda Jatim, Kasarmada ll Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M dan Komandan Lanud Sugiono Surabaya.

Tampak hadir Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E.,M.M, Pangdiv ll Kostrad, Kapolda Jatim, Kasgartab lll Surabaya, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP selaku Koordinator Umum Pameran, Ketua DPRD Prov Jatim, Ketua DPRD Kota Surabaya, Para Direktur Inhan, Rektor ITS, Rektor Universitas Hang Tuah dan undangan Mikiter dan sipil lainnya.

Menurut Dangartab lll Surabaya dalam amanatnya mengatakan pada saat ini perkembangan lingkungan strategis bergerak demikian cepat dan dinamis sehingga dapat mendorong dan menciptakan dimensi dan ancaman baru. Oleh karenanya diperlukan postur TNI yang ideal diikuti dengan penggunaan teknologi yang memadai.

Pameran Alutsiata kali ini lanjut Pangdam V Brawijaya, tidak hanya dipertontonkan kepada masyarakat saja, tapi diharapkan dapat memberikan edukasi dan menumbuhkan kecintaan masyarakat kepada TNI, sekaligus merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat atas penggunaan anggaran TNI dalam pengadaan Alutsista.

Pameran Alautsista yang menampilkan berbagai kendaraan tempur dan persenjataan milik satuan satuan TNI AD, TNI AL dan TNI AU di wilayah Gartap lll Surabaya ini digelar sehari dan ini terbuka untuk masyarakat umum.

Pameran ini juga diramaikan dengan penampilan 100 stan pameran yang berasal dari 11 Industri Pertahanan Nasional sekelas PT. PAL Indonesia, PT. Palindo Marine, PT. LAN Industri Bandung, PT. Karimun Anugerah, PT. Infoglobal Teknologi, PT. Hariff Daya Tunggal, PT. Betmec Shipyard, PT. Andika GAC Jakarta, PT.Lundin Industri, PT Surabaya Marine dan ITS Surabaya, kemudian stan aneka sandang, sembako murah, cinderamata, aneka kuliner Surabaya dan hiburan menarik lainnya.

Pameran yang bertajuk “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat” ini bertujuan untuk menunjukkan berbagai Alutsista yang dimiliki oleh TNI saat ini dan merupakan momentum penting bagi TNI untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi Alutsista sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat.

Dalam pameran ini akan ditampilkan berbagai peralatan tempur TNI AD berupa 2 unit MLRS Astros, 2 Tank Leopard, Panser Anoa, MMS dan LMS, Panser Panhard dan aneka senjata laran panjang dan pendek. Kemudian TNI AL akan menampilkan Tank BMF-3F, Tank LVT 7, Tank Aligator, Radar Hughes, Truck Ahmad, Cheeta, Kendaraan Jihandak, dan Meriam HOW 105 mm dan aneka senjata, sedangkan TNI AU menampilkan aneka miniatur pesawat tempur, Aneka Senjata yang digunakan Pasukan Khas TNI AU.

Selain dimanjakan dengan tampilah berbagai Alutsista TNI, aneka hiburan musik dan kuliner, pengunjung pameran juga akan mendapatkan suguhan dan kesempatan langka untuk menaiki kendaraan tempur TNI. Panitia telah menyiapkan Panser Anoa dan Tank BMF-3F untuk memacu adrenalin pengunjung dalam Fun Ride berkeliling Mako AAL dengan Route Fun Ride dari Halong menuju Gerbang Utama dan putar balik menuju Halong kembali.

Acara yang digelar dari pukul 08.00 – 16.00 Wib ini juga dimeriahkan dengan penampilan panggung gembira dari Jala Swara Band, Opo Onone Band /Kesenian Koarmada ll, El Lima Band, OM. New Putra Nirwana dan Gung Ho Band Marinir. Selain itu ada juga atraksi dari Military Jeep Comunity, bazar murah dan food truck, serta doorprize menarik dari panitia untuk pengunjung. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button