Breaking NewsEdukasiKemenkumhamNasionalPemerintahan

Kapus Pengelolaan Data & Informasi Apresiasi Kinerja Lapas I Malang Dalam Pengolahan Limbah Sampah

MALANG – Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Informasi Badan Strategi Kebijakan (BSK) Hukum dan HAM R. Natanegara mengapresiasi kinerja jajaran Lapas I Malang dalam pengolahan limbah sampah.

Hal ini disampaikan Natangera di sela lawatannya di Kota Malang, Dia didampingi Kepala Lapas I Malang Heri Azhari, Selasa (27/6). Dia diajak berkeliling meninjau sarana pra sarana yang jadi komoditi unggulan Satker yang memiliki julukan Lapas Lowokwaru.

Nata dibuat kagum dengan pengembangan budidaya Jamur Tiram yang memiliki omset dengan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tertinggi ledua setelah Lapas I Semarang, dalam sehari 30-40kg mampu diproduksi oleh jajaran Lapas.

Heri Azhari menjelaskan banyak hasil karya yqng menjadi komiditi unggulan dari Lapas Malang, selain budidaya jamur kami juga mengalami peningkatan signifikan dari budidaya Magot untuk konsumsi ternak, dalam sebulan minimal 5 ton mampu kami distribusikan kepada konsumen.

Ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergi yang apik dengan stakeholder terkait, dari mulai proses bahan baku, pengolahan dan pemasaran kami pantau terus agar memperoleh hasil optimal dan menghasilkan pemasukan baik bagi negara maupun Warga Binaan selaku pekerja, urainya.

Terakhir Nata disuguhkan pengolahan limbah sampah organik dimana proses akhir fermentasi menghasilkan produk sejenis pupuk POC dan Komboster yang bermanfaat bagi lahan agro, selain itu untuk sampah non organik jajaran Lapas Malang mampu menyulap menjadi asbak, pot bunga dan paving block.

Sungguh luar biasa inovasi yang dikembangkan Lapas Malang, ini bisa jadi pilot project percontohan bagi Lapas/ Rutan lain dalam pengeolaan limbah sampah, “Jangan berhenti berinovasi dan membuka lapangan kerja baru bagi Warga Binaan agar hard skill mereka terasah dan berdaya guna”, tutupnya. @red

Related Articles

Back to top button