NasionalNewsPolres Tanjung Perak

Kapolres Tanjung Perak, Tinjau Posko Antisipasi Bencana

SURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Pada hari Senin, tanggal (06/01/2020) Polres pelabuhan Tanjung perak Surabaya, Guna memastikan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, AKBP Ganis Setyaningrum S.Si., M.H., bersama (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Forkopimda meninjau Posko Bencana alam. Seperti yang diketahui, beberapa minggu terakhir hujan baik dengan intensitas sedang maupun tinggi mengguyur kota Surabaya khususnya diwilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Bahkan hujan juga disertai angin kencang dan banyakknya pohon tumbang. Menanggapi hal ini, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum S.Si., M.H., bersama Forkopimda mengecek langsung posko Bencana di halaman Dermaga pelabuhan Ujung.

Dikonfirmasi saat melakukan peninjauan ke Posko Bencana, Ganis mengatakan jika cuaca yang terjadi saat ini cukup rawan terjadi bencana.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan, baik dengan intensitas sedang maupun tinggi. Kondisi ini tentu saja rawan terjadi bencana. Bahkan dibeberapa tempat juga sudah terjadi Banjir ataupun pohon yang roboh akibat hujan angin, ” ucap Ganis.

Tujuan dari peninjauan ke Posko Bencana ini adalah memastikan semua personil atau alat kelengkapan bencana benar – benar siap siaga dan bisa digunakan sewaktu diperlukan.

Kapolre Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum S.Si., M.H., mengungkapkan, selain menyiagakan personel Polri dalam Posko Bencana, pihaknya juga menyiagakan Satgas berikut perlengkapannya di posko bencana alam yang dapat digerakkan sewaktu-waktu untuk membatu penanganan jika terjadi bencana alam di Surabaya khususnya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“Untuk Posko yang kita buat secara geografis memang rentan terdampak bencana alam banjir dan pohon tumbang,” imbuhnya.

Lanjut Ganis, ada Satgas khusus penanganan bencana untuk membackup jika dibutuhkan baik personel maupun peralatan. Dari hasil sidak kali ini Kapolres AKBP Ganis Setyaningrum S.Si., M.H., juga mengapresiasi kepada seluruh personel gabungan yang siap siaga di Posko Bencana. Demikian juga dengan berbagai perlengkapan dalam kondisi ready for use (siap digunakan).

“Alhamdulillah, sampai saat ini memang belum ada bencana yang menonjol. Akan tetapi kita harus siap segala sesuatunya sehingga kita tidak mendapat kesulitan bila muncul kejadian,” tegas Ganis.

Usai meninjau posko bencana, Kapolres didampingi Forkopimda lainnya juga mengecek kondisi ketinggian air di sungai kalimas. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung debet atau ketinggian air yang kemungkinan dapat berdampak banjir mengingat sungai kali mas ini merupakan titik temu aliran sungai dari berbagai sungai di seluruh wilayah Surabaya.

“Air belum mengalami kenaikan dengan signifikan dan masih diambang batas wajar atau normal, ” tuturnya.

Pihaknya berharap, bencana alam yang terjadi bisa ditekan sehingga masyarakat tidak khawatir dan merasa aman meskipun cuaca yang terjadi saat ini tidak bersahabat. ungkapnya @ (dul )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Kontak Redaksi