DaerahNasionalNews

Puskesmas Kwanyar gelar kegiatan program gebyar pemberantas sarang nyamuk (PSN).

BANGKALAN || HALLOJATIMNEWS -Demam berdarah, yang sering juga disebut DB atau DBD (demam berdarah dengue), merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan virus dengue yang disebarkan nyamuk Aedes aegypti. Karena sifatnya yang cepat mewabah, setiap musim hujan tiba, pemerintah menggencarkan sosialisasi gerakan 3M Plus.

Untuk lebih meningkatkan lagi kesadaran masyarakat terhadap bahayanya demam berdarah, puskesmas Kwanyar menggelar acara gebyar program pemberantas sarang nyamuk(PSN) yang di hadiri oleh kepala puskesmas beserta jajarannya dan camat Kwanyar beserta para muspika juga turut di hadiri oleh salah satu anggota DPRD Bangkalan Bpk Sonhaji komisi D.

Dalam acara gebyar PSN yang di adakan pada hari Selasa 14/01/2020 di halaman puskesmas Kwanyar tersebut,kepala puskesmas Kwanyar menyampaikan.

“Di musim penghujan ini puskesmas Kwanyar menggelar gebyar program gerakan pemberantas sarang nyamuk (PSN) serentak di 16 desa sekecamatan Kwanyar bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam mencegah terjadinya penyakit demam berdarah.”Paparnya.

“Dalam kegiatan ini yang kami sosialisasikan terhadap masyakarat meliputi 3M Plus,yakni Menguras, Menutup,dan Mengubur.kami menghimbau kepada setiap masyarakat agar menguras setiap penampungan air dan kemudian menutupnya kami juga menghimbau untuk mengubur setiap barang bekas seperti kaleng kaleng bekas supaya tidak menjadi wadah berkembang biak nya nyamuk Aedes Aegypti sedangkan Plus yang dimaksud adalah pemberian Abate,Obat yang di masukan kedalam penampungan air (jedding) untuk membunuh jentik-jentik yang ada di dalam penampungan air,serta masyarakat di anjurkan untuk menggunakan kelambu saat tidur, mengoleskan repellent lotion tolak nyamuk.”jelas Bpk.Toha selaku kepala puskesmas Kwanyar.

Bpk Sonhaji anggota dewan dari komisi D menanggapi hal tersebut sangat mendukung dan mengapresiasi terkait kegiatan puskesmas Kwanyar ini semoga kegiatan seperti ini akan berkelanjutan dan perlu di sinergikan terhadap setiap kepala desa maupun tokoh masyarakat yang ada di 16 Desa sekecamatan Kwanyar supaya ada antisipasi awal dan mencegah terjangkit nya penyakit demam berdarah (DBD).”jelas nya.

Diakhir acara gebyar PSN,kepala puskesmas Kwanyar beserta para undangan melepaskan balon ke udara sebagai bentuk bahwa kegiatan gebyar PSN serentak ke 16 Desa sekecamatan Kwanyar akan segera di mulai untuk sosialisasi ke setiap desa antisipasi demam berdarah.

Penulis Aris/jamal

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button