EdukasiNasionalPolitik

SSC Meliris Hasil Survei Jatim 2023, Banyak Para Kandidat Pejabat Bersaing Dalam Bursa Kepemimpinan

Surabaya – Hingga 2024 mendatang, masa jabatan kepemimpinan pasangan Presiden, Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) tidak lama lagi.

Kepuasan terhadap kinerja pasangan ini masih sangat tinggi di hati masyarakat Jatim. Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan sebanyak 80.9% masyarakat yang menjadi responden survei menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi, sementara 63.3% responden menyatakan puas terhadap kinerja Wapres Ma’ruf Amin.

Hasil survey yang diliris pada Rabu (9/8/2023) di Hotel Narita Ruang Mangkunegoro diungkap oleh Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi menyatakan dari keseluruhan responden hanya 3.8% yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, serta 13.3% menyatakan kurang puas dan sisanya yang 2% menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Sementara, responden yang kurang puas terhadap kinerja Ma’ruf menunjukkan angka 26.8% dan 7.5% dari mereka menyatakan tidak puas. Sisanya, 2.4% responden menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Senentara hasil kinerja pasangan Gubernur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur, Emil Elestianto Dardak angka yang signifikan, yakni sebanyak 74.2% masyarakat Jatim puas terhadap kinerja Khofifah, sementara kepuasan terhadap Wakil Gubernur Jatim sebanyak 74.6%.

Bahkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi secara elektabilitas perlahan namun pasti namanya semakin membayangi di antara kandidat Cagub Jatim. Namun tingkat elektabilitas Eri Cahyadi tercatat sebesar 6.7% dalam bursa Cagub Jatim.

Selanjutnya bursa Capres, nama Ganjar Pranowo semakin santer disebut sebagai salah satu kandidat Capres dengan potensi besar untuk memenangi Pilpres 2024. Dengan perolehan 23.3% dengan diikuti secara ketat oleh Prabowo Subiyanto dengan 21.5% dan Anies Baswedan, yang memeroleh angka elektabiltas 17.3%.

Sedangkan bursa Cawapres, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara elektabilitas menjadi salah satu favorit sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Namun perolehan AHY dibayangi secara ketat oleh Erick Thohir dan Mahfud MD dan hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC), menunjukkan putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memuncaki perolehan tingkat elektabilitas Cawapres dengan angka 15.2% dibayangi secara ketat oleh Erick Thohir dengan perolehan 15%, dan Mahfud MD dengan angka 14.7%. @,njib

Related Articles

Back to top button