NasionalNewsPolitik

Kakanwil Kemenkumham Jatim Tinjau Langsung Pemilu serentak 2019 di Rutan Medaeng

Kepala Kanwilkumham Jatim, Susy Susilawati, didampingi Karutan Kelas 1 Surabaya, Teguh Pamuji saat ditemui awak media

 

SIDOARJO | Hallo Jatim – Kepala Kantor Wilayah Kanwilkumham Jatim, Susy Susilawati tiba di Rutan kelas 1 Surabaya (Medaeng) pagi hari perkiraan pukul 08.15 Wib. Kedatangannya kali ini tak lain adalah menyaksikan secara langsung Pemilu serentak 2019 yang digelar di Rutan untuk para tahanan agar bisa menggunakan hak pilihnya.

Susi mengatakan, ada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam Rutan Medaeng, yakni TPS 30, 31, 32 dan juga TPS 33. Dan yang membuat berbeda dari TPS di madaeng ini petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggunakan sergam tahanan yakni hitam putih.

“Di dalam Rutan ini ada sekitar 2.900 orang warga binaan yang memiliki hak pilih. Dan sudah ada empat TPS dengan harapan masing-masing TPS ada sekitar 500 orang pemilih jadi total ada 2.000 orang. Tetapi setelah diverifikasi oleh KPU, jumlahnya hanya menjadi 504 orang yang bisa menggunakan hak pilihnya. ” Jelas Susi kepada awk media, Rabu (17/04/2019).

Pada kesempatan kali ini dua artis ibukota yakni Ahmad Dhani dan Vanessa Angela mewarnai pesta demokrasi yang digelar di Rutan kelas 1 Surabaya (Medaeng). Dhani sudah menggunakan hak pilihnya terlebih dahulu yang dperkirakan pada pukul 08.30 Wib, namun setelah selesai menggunakan hak pilihnya dia langsung kembali ke sel tahanan dengan menggunakan kemeja warna putih.

Sedangkan Vanessa yang datang mengenakan kaos atau baju tahanan berwarna biru ini, menutup rapat wajah dengan masker serta bertopi berwarna sama yang serasi dengan bajunya. Berdasarkan catatan PPS, Vanessa terdaftar dalam nomor 21, di DPTb TPS 31 Rutan Medaeng. Ia terdaftar atas pemilih bernama, Vanesza Adzania.

VA saat menggunakan hak pilihnya di TPS 31 Dalam Rutan Medaeng

Usai mencoblos dan mencelupkan jarinya di tinta, Vanessa langsung kembali ke blok tahanan wanita Rutan Medaeng, dengan kawalan ketat petugas. Tak ada sepatah kata pun yang dikatakannya saat ditanyai awak media.

Dikesempatan yang sama Karutan Klas I Surabaya, Teguh Pamuji mengatakan Vanessa memang hanya memiliki hak pilih dalam Pemilihan Presiden saja. Hal itu lantaran artis ftv tersebut berKTP Jakarta begitu juga dengan Ahmad Dhani.

“Mereka Berdua hanya bisa menggunakan hak pilihnya cukup di Pilpres saja, karena bukan KTP sini (Jawa Timur), jadi tidak bisa memilih DPR dan DPD,” Singkat Teguh, saat ditemui awak media.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu petugas TPS 31, yakni Ahmad Nur Dhuka. Alasan mengapa Vanessa hanya mendapatkan satu lembar surat suara. Menurutnya itu karena yang bersangkutan bukan warga Jawa Timur atau Sidoarjo tempat ia menggunakan hak pilihnya.

Hingga siang hari proses pesta demokrasi yang berlangsung di Rutan Kelas 1 Surabaya berjalan kondusif, setiap tahanan yang sudah terdaftar dan sudah menggunakan hak pilhnya, satu persatu memasuki sel tahanan masing masing. @ Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button