Hukrim

Antisipasi Covid 19, Makam Sunan Gresik Ditutup Sementara

GRESIK, HALLOJATIMNEWS.com – Makam Sunan Gresik atau Syaikh Maulana Malik Ibrahim di Kabupaten Gresik  ditutup sementara dan akan dibuka kembali sampai batas waktu yang belum ditentukan.Mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Dari pantauan di lapangan pada Rabu (18/3/2020) Pagi, makam tersebut agak lenggang. Hanya ada belasan peziarah terlihat membaca tahlil dan doa berbeda seperti hari biasanya yang pengunjung bisa mencapai 500 orang setiap harinya.

Kemudian terlihat di pagar utama makam, sejumlah pengurus Yayasan Maulana Malik Ibrahim dan dibantu dengan pihak pemerintah memasang pemberitahuan larangan kunjungan bagi peziarah.

Sekretaris Umum Yayasan Maulana Malik Ibrahim Gresik Taufiq Haris mengatakan, terkait penutupan ini, pihaknya hanya mentaati aturan dari pemerintah. Lebih-lebih kondisi penyebaran Virus Corona semakin mengkhawatirkan.

“Penutupan ini sifatnya sementara saja, akan dibuka sampai kondisi benar-benar baik. Apalagi di makam ini, yang berkunjung tidak hanya daerah sekitar saja, melainkan sampai mancanegara,” ungkapnya.

Sebelum terjadi penutupan ini, Taufiq juga mengaku sudah melakukan antisipasi ini. Perlu diketahui, selain Makam Sunan Gresik, Makam Sunan Giri juga ikut ditutup.

Menurut informasi penutupan makam Sunan Giri atau Raden Paku itu dilakukan pada Senin (17/3/2020) sejak pukul 15.00 WIB. Alasannya sama, untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Berbeda dengan Wisata religi Sunan Ampel pantauan media masih banyak pengunjung yang datang di makam Sunan Ampel Surabaya seperti dikatakan Pengurus Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel, Kota Surabaya, memastikan tidak akan menutup kawasan wisata religi itu.

Pengurus Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel menyebut Khodim Masjid Agung Sunan Ampel, Mochammad Fuad Nadjib saat dikonfirmasi belum memiliki opsi melakukan penutupan Sunan Ampel di tengah antisipasi virus corona.

Hanya saja, antisipasi dan kewaspadaan penyebaran virus corona kian ditingkatkan di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel tersebut, Ungkapnya.

Reporter : Cak Pri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button