BaksosBreaking NewsDaerahNasionalNewsPemerintahan

Di masa pandemi Warga Ploso bersyukur adanya Padat Karya

SIDOARJO || HALLOJATIM – Untuk mengantisipasi bencana dan  banjir dan kebersihan lingkungan. Pemerintah Desa Ploso, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo yang di pimpin oleh Pj Kepala Desa Bpk Pamuji. Gencar melakukan pembersihan lingkungan melalui program Nasional padat karya tunai. Hal tersebut terbukti ketika awak media hallo jatim berkunjung ke beberapa Rw di  desa ploso , tampak terlihat warga masyarakat  sedang melakukan kerjasama membersihkan saluran air lingkungan,kamis (17/12/2020)

Disela kesibukannya Kades Ploso Bpk. Pamuji mengatakan, tujuan program Nasional  tersebut  agar masyarakat lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan, kami beri contoh, diajarkan agar kesehatan masyarakat terjaga khusnya masalah stunting yang perkembangan anak kurang baik, itu bisa terjadi dampak dari lingkungan yang tidak sehat. “Maka kami, sebagai pemerintah desa mengupayakan dengan program padat karya tunai ini untuk  memperdayakan masyarakat terutama masyarakat miskin yang  menganggur,” ujar pamuji.

Dengan adanya program padat karya tunai menurutnya, mereka bisa berpartisifasi. “Sehingga kedepan,  masalah lingkungan betul-betul dijaga dan harus bersih. “Sehingga, kehidupan masyarakat kedepan  bisa sehat,”tuturnya.

Pamuji menambahkan, dalam  kegiatan padat karya ini, selain kebersihan dan ke indahan lingkungan, pelaksanaan sanitasi drenase dan saluran air  juga  bertujuan  untuk  daya cegah dari kerawanan banjir. “Apalagi saat ini  musim hujan,  dapat dipastikan volume air sangat tiggi. “Maka kami, sebagai kepala desa  gencar melakukan pembersihan lingkungan baik di solokan maupun di daerah irigasi.  Mudah-mudahan dengan ada nya program padat karya tunai tersebut selain kebersaman dan silaturahmi dengan warga, juga pembangunan  lingkungan yang bersih dan bebas dari bencana dan  penyakit sehingga, keindahan dapat terwujud. Disamping itu manfaat program tersebut  yang menganggur juga bisa mendapatkan upahnya, sehingga ekonomi warga kurang mampuh terbantu ekonomonya,”tambahnya.

Pamuji juga berharap, masyarakat bisa lebih  peduli terhadap lingkungannya lebih sadar terhadap kehidupannya terus buang sampah jangan sembarangan,” pungkasnya.

Sementara menurut Kepala Dusun Ploso Gatot mengatakan, dirinya sangat mendukung prgram padat karya tunai ini. “Pasalnya,  dalam program padat karya itu banyak  manfaatnya yang dirasakan warga. Mudah-mudahan program padat karya tunai ini tetap berlanjut,” pungkasnya. @dik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button