TNI-ku

Awali Tahun 2021, Pangkoarmada II Sambut Kedatangan Satgas Operasi Bima Suci 2020

SURABAYA, HALLOJATIMNEWS.com – Setelah 98 hari mengarungi samudera luas dan singgah di 10 kota besar di Indonesia, KRI Bima Suci dari unsur Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II bersama Satlat Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL Angkatan Ke-67 tiba kembali di Pangkalan Surabaya pada Jum’at (01/01/2021).

Kedatangan 82 Taruna dan Taruni AAL Angkatan ke-67 dalam Operasi pelayaran KRI Bima Suci yang didukung oleh 85 Anak Buah Kapal (ABK) KRI ini disambut langsung oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, didampingi Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati beserta Ibu Asuh Taruna AAL Ny. dr. Nita Tunggul Suropati, juga Danlantamal V Laksma TNI Mohamad Zaenal dengan upacara dan tradisi penyambutan.

Tercatat ada 10 etape atau rute pelayaran yang dilalui KRI Bima Suci dengan jarak tempuh 9.910 NM. Yaitu mulai dari Surabaya, Lampung, Padang, Sabang, Belawan, Tanjung Uban kemudian naik ke Ranai, Tarakan, Sorong, Tual, Kupang dan kembali ke Surabaya.

Meski dilaksanakan di dalam negeri, tidak menyurutkan semangat para Taruna dan Taruni melaksanakan latihan praktek KJK 2020 bersama KRI Bima Suci. Justru lebih banyak ilmu yang didapat dalam pelayaran ini, diantaranya mengetahui batas-batas wilayah NKRI serta berkesempatan singgah di pulau-pulau terdepan dan terluar NKRI.

“Normalnya latihan mengenai astronomi dilaksanakan menyeberang samudera. Tapi dengan situasi pandemi sekarang, terpaksa kita laksanakan dengan keliling Indonesia. Mudah-mudahan di tahun 2021 pandemi sudah menurun, sehingga kita bisa melaksanakan Latihan Praktek Kartika Jala Krida AAL bersama KRI Bima Suci dengan rute sampai ke luar negeri sebagaimana umumnya, “ terang Laksda Sudihartawan.

Laksda Sudihartawan menambahkan, karena selama pelayaran seluruh Taruna dan Taruna serta pendukung disiplin menerapkan protokol kesehatan maka tidak ada personel yang positif Covid-19 hingga saat kembali pulang ke Surabaya. “ Hal ini juga dikarenakan secara berkala mereka menjalani tes rapid,” ujarnya.

Pada bagian lain, orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini mengatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Operasi Bima Suci 2020 adalah wujud dari upaya tindak lanjut terhadap program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, khususnya di bidang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul.

( Han ).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button