NasionalNewsPemerintahan

Kepala BPS Sebut Perekonomian Provinsi jatim tahun ini meningkat 5.72 persen

Surabaya || hallojatimnews – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur mencatat Perekonomian Jawa Timur Triwulan II 2019 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 585,29 triliun, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan mencapai Rp 410,69 triliun.

Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur Triwulan II 2019 secara (year on year) tumbuh sebesar 5.72 persen dibanding Triwulan II 2018. Angka tersebut dibandingkan dengan rata-rata nasional masih di atas rata-rata nasional yang mencapai 5.50 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Teguh Pramono, MA menjelaskan “Di Triwulan II 2019 ini kinerja Ekonomi Provinsi Jawa Timur cukup bagus. Dari sisi produksi, Sektor yang terbesar adalah Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum yang tumbuh bagus sekali 7.89 persen yang berkaitan dengan Pariwisata. Sedangkan dari sisi pengeluaran, strukturnya nomor satu adalah Konsumsi Rumah Tangga mencapai 60.15 persen. Perekonomian Provinsi Jawa Timur dari sisi pengeluaran sangat tergantung pada Konsumsi Rumah Tangga”. Senin (05/08/2019)

Sedangkan secara (quarter to quarter) Perekonomian Provinsi Jawa Timur Triwulan II 2019 mengalami pertumbuhan sebesar 3.54 persen.

“Dari sisi produksi, sektor yang tertinggi adalah Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 8.12 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, struktur yang tertinggi adalah Konsumsi Pemerintahan sebesar 35.87 persen” tukasnya.

Penulis : Aji

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button