kesehatanNasionalNewsPolda Jawa TimurPolres Tanjung Perak

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Pimpin Pelaksanaan Operasi Penertiban Masker Tindak 24 Pelanggar

SURABAYA || HALLOJATIM – Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH pimpin pelaksanaan Operasi Penertiban Masker di Pasar Jalan Wonokusumo, pada hari Kamis (04/02/2021) sekitar pukul 08:10 Wib.

Pelaksanaan Operasi Penertiban Masker tersebut, diikuti para personil gabungan dari berbagai instansi dalam rangka implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang pendisiplinan mayarakat terhadap penerapan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19, serta Perda nomor 2 tahun 2020 dan Pergub Trantibum Jatim nomor 53 tahun 2020 tentang sanksi pelanggar protokol kesehatan.

Terlihat hadir dalam Operasi Penertiban Masker diantaranya, Danrami Semampir Mayor Inf Sumarsono, Kapolsek Semampir Kompol Ariyanto Agus, Wakapolsek Semampir AKP Sentot Sumadi, 7 anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak, 12 anggota Polsek Semampir, 5 anggota TNI, 15 anggota Satpol PP, 5 anggota Linmas dan 5 anggota Dishub.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga merupakan implementasi Inmendagri nomor 1 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), dan Perwali nomor 2 tahun 2021 tentang pencegahan penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH, mengatakan, kegiatan ini terus kami laksanakan dengan rutin untuk menyosialisasikan kepada masyarakat betapa pentinganya mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker seperti, cuci tangan yang bersih dengan air mengalir, jaga jarak, hindari kerumunan, dan patuhi pembatasan jam malam.

“Hari ini kami mendapati sebanyak, 24 orang pelanggar yang tidak memakai masker. Termasuk para pengunjung dan pedagang pasar serta para pengguna jalan yang melintas di Jalan Wonokusumo yang terlihat memakai masker tidak benar,” ucap Kapolres.

Lanjut Kapolres menjelaskan, dalam penindakan kami juga menjatuhi sanksi terhadap 11 orang yang melanggar berupa, sita KTP dan denda Rp. 150 ribu, 8 orang dijatuhi sanksi fisik berupa, push up, 2 orang dijatuhi sanksi sosial menyapu disekitar lokasi dan 2 orang lainnya dijatuhi sanksi sosial menghafalkan teks Pancasila.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin disiplin menggunakan masker. Karena hanya kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan yang bisa menyekan penyebaran Covid-19. Termasuk disiplin memakai masker,” terangnya. @ros/im

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Kontak Redaksi