Breaking NewsHukrimNasionalNews

Unit Reskrim Polsek Rungkut Tangkap Pelaku Pembakaran Rumah di Jl. Rungkut Menanggal

SURABAYA || HALLO JATIM – Anggota Unit Reskrim Polsek Rungkut tangkap seorang pelaku yang melakukan pembakaran sebuah rumah milik korban bernama Chusnur Rofidah, (44), di Jl. Rungkut Menanggal Gg.1, No.31-A RT/RW 001/001 Kecamatan Gunung Anyar Surabaya.

Kebakaran yang terjadi pada Senin Dini hari (25/01/2021) sekitar pukul 03.00 Wib itu, menelan kerugian senilai Rp.80.000.000,- (Delapan puluh juta rupiah) berupa barang perabotan rumah tangga yang dilakukan oleh pelaku bernama Muhammad Ridwan (37) warga Jl. Rungkut Menanggal Gg.1, No.31-A RT/RW 001/001 GunungAnyar Surabaya.

Kapolsek Rungkut Kompol Hendry Ibnu Indaryo S.H., S.I.K., melalui Kanit Reskrim Polsek Rungkut Iptu Joko Soesanto, S.H., menyebutkan, pelaku ditangkap tak lama pasca kejadian kebakaran itu.

“Hasil penangkapannya, berdasarkan keterangan saksi-saksi yang mengarah pada pelaku yaitu tetangga korban, yang pada saat itu mengetahui aksinya melakukan pembakaran,” ucap Iptu Joko Soesanto, S.H., dilansir Hallojatim pada Rabu Siang (03/02/2021).

“Jadi, ketika pelaku melakukan pembakaran diketahui oleh tetangga korban, selanjutnya melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Rungkut, dan pada saat itu pula, rumah tersebut dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya,” imbuh Perwira dengan dua balok emas dipundaknya.

Lanjut Iptu Joko Soesanto, saat diinterogasi pelaku mengakui semua perbuatannya, bahwa pelaku melakukan aksinya itu melewati jendela yang sudah di pecah menggunakan palu kurang lebih 3 bulan yang lalu dan untuk aksi pembakaran hanya berbekal sebuah korek api gas.

“Jadi melewati jendela yang sudah di pecah oleh pelaku, kemudian pelaku masuk ke lantai dua membakar pakaian di lemari plastik dan tak cukup membakar pakaian, pelaku turun ke lantai bawah untuk membakar karpet yang terpasang di tangga rumah, sehingga kobaran api membesar ke atas rumah dan melalap seisi rumah korban,” terang Perwira dengan dua balok emas dipundaknya.

Tambahnya, pelaku masih akan dilakukan pemeriksaan yang lebih mendalam lagi, guna untuk mengetahui motif dan tujuan pelaku.

“Untuk pasal yang kami sangkakan terhadap pelaku yaitu pasal 187 KUHPidana menyatakan barang siapa dengan sengaja menimbulkan ledakan, kebakaran atau banjir diancam pidana penjara paling lama 12 tahun penjara,” pungkasnya. @ros

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Kontak Redaksi