BNNDaerahEdukasikesehatanKomunitasNasionalNewsPolda Jawa TimurPolres Sidoarjo

Satresnaroba Bersama Dokkes Polresta Sidoarjo, Lakukan Tes Urine ke Puluhan Sopir dan Kondektur Bus

Sidoarjo – Satuan Reserse Narkoba Polresta Sidoarjo bersama Sie Dokkes Polresta Sidoarjo, melakukan tes urine ke puluhan sopir dan kondektur bus  di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo, Jumat (24/12/2021).

Kegiatan ini bertujuan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, yang diakibatkan kelalaian kru bus karena mengonsumsi narkoba. Serta memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat pengguna jasa transportasi bus, selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hadir memantau jalannya tes urine bagi sopir dan kondektur bus di Terminal Purabaya, Gubernur Jawa Timur, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Kapolresta Sidoarjo dan Kepala Terminal Purabaya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tes urine pada kru bus di Terminal Purabaya, termasuk juga di seluruh terminal lainnya yang ada di Jawa Timur merupakan upaya nyata yang dilakukan Polda Jawa Timur dan jajarannya, dalam mendeteksi penyalahgunaan narkoba, yang dapat membahayakan bagi keselamatan masyarakat di saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

“Karenanya faktor resiko akibat bila adanya kru bus yang menyalahgunakan narkoba, harus segera kita deteksi. Harapannya dalam perjalanan, kru bus, penumpang dan masyarakat lainnya terselematkan dari bahaya kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur Jatim juga menghimbau kepada pihak pengelola Terminal Purabaya, pertokoan, kru bus dan penumpang agar betul memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sementara Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo menyatakan, digelarnya tes urine sopir dan kondektur bus secara serentak se-Jawa Timur, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat, dalam hal ini adalah penumpang bus saat libur natal dan tahun baru 2022.

“Kami sengaja tes urine kepada para sopir dan kondektur bus, dengan tujuan menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang khususnya saat natal dan tahun baru,” ujarnya.

Pada tes urine sopir dan kondektur bus di Terminal Purabaya, Bungurasih kali ini, menurut Kasat Resnarkoba Polresta Sidoarjo AKP Adrian Wimbarda menyampaikan ada sejumlah 66 orang sopir dan kondektur bus yang menjalani tes urine. Hasilnya ada satu orang kondektur yang hasilnya positif. Selanjutnya yang bersangkutan, kami bawa ke Mapolresta Sidoarjo untuk dilakukan pemeriksaan.

@red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button