NasionalNews

Sholat Jum’at Setelah Lebaran di Masjid Agung Sunan Ampel

Surabaya – Beberapa hari setelah lebaran Idul Fitri 1443 H. Masjid agung Sunan Ampel masih dibanjiri jama’ah yang melaksanakan sholat Jum’at baik jama’ah penduduk disekitar Masjid Ampel maupun jama’ah di luar kota.

Dari pantauan media hallojatimnews.com, Masjid yang didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421 ini setelah shalat Jum’at, beberapa jema’ah menyempatkan untuk berziarah ke makam Raden Ahmad Rahmatulloh atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Ampel, salah satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di nusantara.

Seperti Pak Hafid (45) peziarah asal Mimbo Situbondo mengutarakan bahwa hampir setiap bulan, Ia selalu datang ke Masjid Sunan Ampel, disamping untuk beribadah dan ziarah Ia juga menyempatkan diri untuk berbelanja keperluan pekerjaannya di kawasan Ampel.

“Disamping untuk ziarah saya bersama keluarga juga sekalian berbelanja keperluan kerja mas” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah juga menghimbau setiap Masjid untuk tidak menggelar Sholat Jumat berjamaah untuk sementara waktu ini. Masjid Ampel sendiri masih melakukan Sholat Jumat berjamaah.

Mengenai hal tersebut pihak Masjid Ampel tidak bisa melarang orang yang datang berniat untuk melakukan ibadah Sholat ataupun berziarah makam.

Para jamaah sholat Jum’at kali ini, kebanyakan adalah warga Kota Surabaya. semenjak ada wabah pandemi Covid – 19, sempat terjadi penurunan jamaah yang hadir untuk berziarah maupun untuk shalat.@ njb

Related Articles

Back to top button