DaerahNasionalNewsPemerintahan

Tahun Ini, Bupati Sidoarjo Akan Tembuskan Proyek Frontage Road Aloha-Gedangan Sampai Ke Jalan Lingkar Timur Buduran

Sidoarjo – Pada tahun ini, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor akan menembuskan proyek pembangunan Jalan Frontage Road Segmen I Aloha Gedangan, sampai ke Jalan Lingkar Timur didepan PT. Maspion II, tepatnya di Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran Sidoarjo.

Saat ini Pemkab Sidoarjo sedang melakukan proses penuntasan pembebasan lahan yang terletak di Jalan Frontage Road Segmen I Desa Gedangan dan Desa Seruni, dengan total ada 9 bidang yang akan dibebaskan.

Dalam penyampaiannya, Gus Muhdlor akan memprediksi tembusan jalan tesebut terlebih dahulu, agar bisa mengurai kemacetan arus lalu lintas, mulai dari bundaran Aloha sampai perempatan Gedangan, termasuk kemacetan yang sering terjadi pada perempatan Traffic Light Tebel Gedangan.

“Selama ini, kemacetan di tiga titik itu selain disebabkan crossing kendaraan, juga disebabkan jalan protokol sudah tidak bisa lagi menampung padatnya volume kendaraan yang lewat dari arah utara. Terutama pada waktu pagi hari di jam kerja dan sore hari waktu pulang kerja,” ujar Muhdlor kepada media ini, Kamis (24/03/2022).

Secara terpisah, Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkab Sidoarjo, Dwi Eko Saptono usai mengikuti rapat Paripurna pada Rabu 23 Maret sore kemarin menyampaikan, bahwa pembangunan proyek jalan frontage road segmen I di Gedangan akan segera dituntaskan, termasuk pembebasan lahan pada tahun lalu yang belum rampung.

“Kami bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo masih dalam melakukan proses pengukuran lahan 9 peta bidang yang akan dibebaskan, dan kami target pada akhir Maret ini sudah terselesaikan proses appraisalnya,” terang Dwi.

Lebih lanjut Dwi, saat ini masih dilakukan pengukuran peta bidang lagi oleh BPN, lokasinya di segmen I Gedangan nantinya sampai tembus ke jalan Lingkar Timur, kalau tidak salah di Desa Seruni juga ada bidang yang ikut dibebaskan. Totalnya ada 9 bidang yang akan dibebaskan untuk proyek frontage road di tahun ini.

“Setelah selesai dilakukan pengukuran dilanjutkan dengan melakukan appraisal, kemudian pengumuman dan proses pembayaran. Satu minggu dilakukan pengukuran, satu minggu lagi dilakukan appraisal targetnya di akhir Maret ini dapat selesai,” tutur Dwi.

Masih kata Dwi, sedangkan pengerjaan jalan frontage road targetnya dikerjakan mulai akhir Mei atau awal Juni. Prosesnya pada April pekan depan sudah dimulai rencana lelang, dan targetnya pertengahan Mei sudah ada pemenangnya.

“Untuk jalan frontage road Buduran mulai lingkar timur, sampai arah depan Comfeed ke selatan akan dikerjakan di tahun anggaran 2023,” tandasnya. @Deft

Related Articles

Back to top button