EdukasiNasionalNewsPemerintahan

Ketua Pansus PCB Berharap Jalan Umum di Kota Pahlawan Ada Huruf Aksara Jawa

Surabaya – Pada rapat Komisi D DPRD Kota Surabaya yang dihadiri oleh semua Dewan beserta Meimura (Komunitas Ludruk), Yayasan Indrayana, JOKO (Komunitas Sedekah Bumi) dan Panguyuban Pelestarian Budaya Aksara Jatim. Membahas Raperda Kota Surabaya tentang Pengelolaan Cagar Budaya.

Pada rapat kali ini, Ketua Pansus Hj Siti Mariyam mengatakan bahwa dalam Pengelolaan Cagar Budaya (PCB) pembahasannya belum menyentuh Perda. Tapi hanya sebatas menampung aspirasi dan masukan dari penggiat, terutama seni yang tak tampak.

“Jadi Punden, Kawasan Cagar Budaya itu kan tampak. Tetapi yang tidak tampak itu bagaimana? Nah ini kan enggak kalah penting.” ujar Hj Siti Mariyam. Selasa (12/04/2022).

Menurut Hj Mariyam ada hal yang menarik ketika munculnya aksara Jawa. Sebab di Punden sendiri kadang tidak ditemui. Maka, tiap pendopo nantinya diharapkan seperti di Solo dan Jogja.

“Karena Kota Surabaya ini Kota Pahlawan dan gak ada di dunia ini Kota yang berjulukan Kota Pahlawsn selain Surabaya, jadi sebaiknya di jalan-jalan ada huruf Aksara Jawanya. Ini kan aspirasi buat kita.” katanya.

Dengan sendirinya Cagar Budaya ini bermanfaat dan Beliau berharap Pemerintah mendorong agar pengelolaannya di maksimalkan, sehingga menghasilkan pendapatan bagi kota Pahlawan.

Menurutnya bukan hanya Tim Cagar Budayanya yang sudah kemarin disahkan. Tetapi juga ada Pengelola Cagar Budaya harus dimaksimalkan dan Insya Allah Perlindungan Cagar Budaya bisa menghasilkan untuk pendapatan Kota Surabaya. @ njb

Related Articles

Back to top button