ADVENTORIALBaksosBreaking NewsDaerahEdukasiNasionalNews

Limbahmu Produkku, Langkah Pasti Ibu Haeny bekerja sama dengan UBAYA Menyukseskan Program Desa Berinovasi oleh BRIN yang dilaksanakan Pokmas Berkah Usaha

Tuban – Pokmas Berkah Usaha akan mengawali babak baru, Dra. Hj. Haeny Relawati Rini Widyastuti,M.Si Anggota DPR RI Dapil IX dari Fraksi Golkar wilayah Tuban , Bojonegoro mewakilkan anaknya Mbak Heny (panggilan akrabnya) untuk bekerja sama dengan tenaga pendidik dari Universitas Surabaya. (19/12/2021).

Melalui Program Desa Berinovasi dari BRIN tepatnya di Desa Lidan, Kembangbilo Tuban, Jawa Timur. melangsungkan acara Serah Terima Mesin kepada Pokmas Berkah Usaha. Total ada 3 mesin yang resmi diberikan pada kesempatan kali itu pada 06 November 2021.Adapun jenis mesin tersebut terdiri dari mesin crusher (pencacah sampah), mesin mixer dan mesin pencetak paving.

Pemberian mesin tersebut sesuai dan tepat guna dikarenakan Pokmas berkah usaha sendiri bergerak dalam bidang pengolahan sampah tepatnya Pengelolaan dan pengelolahan limbah rumah tangga bernilai ekonomi berbasis masyarakat.Dengan penanganan khusus dan inovasi teknologi diharapkan dapat mengubah nilai sampah agar bernilai jual tinggi.

Melalui mesin crusher atau pencacah sampah nantinya akan menghasilkan cacahan sampah melalui proses pemilahan, pencacahan menggunakan mesin dan pengeringan akan siap dijual kepada pabrik, ataupun mereka yang membutuhkan cacahan sampah plastik. Sampah yang bisa di cacah mulai dari kerasan, PET, blowing, Decolit, Gelas dan PP.

Untuk mesin pencetak paving blok sendiri mereka menggunakan sampah sachet sebagai bahan baku tambahan. Seperti yang kita ketahui bahwa sampah sachet merupakan sampah dengan nilai jual paling rendah diantara lainnya, sehingga dengan upaya ini membuat nilai jual sampah sachet semakin bertambah.

Mesin – mesin ini di buat khusus oleh Universitas Surabaya , sebelum dikirim ke Tuban mesin – mesin ini telah melalui uji coba sehingga saat penggunaan dalam jangka panjang dapat bekerja baik.

Dengan total 3 mesin semuanya sudah terpasang dan digunakaan dengan baik oleh POKMAS Berkah Usaha. “ Ya, sama seperti harapan kita semua. Semoga dengan program ini dapat bermanfaat serta dapat membuka lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat Dusun Lidan Fesa Kembangbilo. Terimakasi Bu Haeny, mbak Hany, BRIN dan UBAYA “ ujar Bapak Didik Harianto selaku ketua POKMAS berkah usaha.

Selain mengolah sampah POKMAS berkah usaha yang berbasis Bank Sampah juga menerima Jual- beli sampah Rumah tangga. @ Cahya Lingga Wulandari.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button