Breaking NewsNews

Hari Ini Harga BBM Naik, Jokowi : Pemerintah Memutuskan Hal Ini Dalam Situasi yang Sulit

Jakarta -Presiden Republik Indonesia mengumumkan kenaikan harga tiga jenis bahan bakar minyak (BBM), mulai dari Pertalite, Solar dan Pertamax hingga harga terbaru BBM bersubsidi serta non-subsidi, berlaku mulai satu jam sejak keputusan diumumkan pada hari Sabtu (03/09/2022), sekitar pukul 14:30 Wib.

Keputusan tersebut dibuat oleh pemerintah dalam situasi yang sulit akibat gejolak harga minyak dunia, dengan menaikkan harga atau mengalihkan subsidi BBM merupakan pilihan terkahir yang diambil.

Hal itu disampaikan langsung Presiden Indonesia Joko Widodo, saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terkahir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM.

“Pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak tersebut supaya harga BBM di tanah air ini masih terjangkau,” ucap Jokowi dalam konferensi persnya, Sabtu (3/9).

Jokowi juga menjelaskan, bahwa harga Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000/liter. Kemudian harga solar subsidi naik dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800/liter dan Pertamax juga ikut naik hari ini dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500/liter.

“Sebetulnya saya ingin harga BBM di dalam negeri ini tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN. Namun anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah membengkak tiga kali lipat dari Rp 502,4 triliun, jadi angka tersebut bakal terus meningkat,” terangnya.

Selain itu, Kata Jokowi, lebih dari 70 persen subsidi BBM justru dinikmati oleh golongan masyarakat mampu, yakni para pemilik mobil pribadi.

“Semestinya uang negara harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu,” tandasnya. @Slh/Im

Related Articles

Back to top button