News

Tenggelamnya KM Fajar Nusantara di Perairan Sapudi, Diduga Kelebihan Muatan

Surabaya – Peristiwa tenggelamnya KM Fajar Nusantara di perairan Sapudi, Sumenep Madura yang terjadi pada Selasa Malam tanggal 21 Juni 2022, diduga kapal tersebut overload (Kelebihan muatan) saat berangkat layar.

Hal ini, terlontar dari ucapan salahsatu buruh pekerja yang memuat barang dari KM Fajar Nusantara di Pelabuhan Kalimas Surabaya Pos 3, Gudang 152 kepada Hallojatim, bahwa sebelumnya kapal sudah syarat atau Overload.

“Muatan KM. Fajar Nusantara sudah Overload, terlihat dari jangkar sudah ditutupi air hingga nungging. Namun, masih saja berangkat,” ucap salahsatu buruh pekerja yang tak ingin dipublikasikan namanya, Kamis (23/06/2022).

Kapal berawak 14 orang dan membawa muatan barang campuran dengan tujuan Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara, diketahui berangkat dari pelabuhan Kalimas Surabaya pada hari Minggu Siang tanggal 19 Juni 2022.

“Kapal berangkat pada hari Minggu siang dan hari Selasa malam mendapatkan kabar jika kapal tersebut sudah tenggelam dihantam ombak di daerah perairan Sapudi Madura,” lanjutnya.

“Beruntung orang kapal nya selamat semua ditemukan nelayan Situbondo yang menjaring ikan. Tadi Pagi orang kapal nya datang semua dipanggil Syahbandar Tanjung Perak,” sambungnya. @ros

Back to top button