EkbisPemerintahan

Dampak Proyek Jalan Raya Tropodo, warga mulai resah, pihak Binamarga sulit dikonfirmasi

Sidoarjo – Pembangunan infrastruktur sekarang ini jadi tujuan utama dan jadi sorotan bagi pemangku wilayah terutama Bupati Sidoarjo, namun tidak menutup kemungkinan juga kuat dugaan disalah gunakan atau tidak amanah. Seperti halnya yang terjadi dengan proyek pembangunan jalan di Jalan Raya Tropodo, terkesan lamban dan dalam pengamatan dilapangan banyak yang masih rusak.

Akibat dari ditutupnya jalan tersebut maka semua pengguna jalan dialihkan kejalan alternatif dijembatan kali Centhel yang merupakan penghubung Desa Semampir dan Desa Tambak Sawah, padahal jembatan tersebut dalam kondisi sudah sangat rapuh dan sempat dilaporkan ke Bupati.

Pada Rabu (06/10/2021) dilakukan sidak oleh, Wabup Subandi didampingi Plt Kadis PU Sidoarjo, Forkopimka Sedati, Kepala Desa Semampir, Koramil Sedati, dan Polsek Sedati.

Wabup Subandi menyampaikan jembatan penghubung Desa Semampir dengan Desa Tambak Sawah, untuk sementara di lakukan perawatan dulu, kalau nanti masih tidak efektif, tahun 2022 akan dibangun jembatan yang bagus,” tuturnya.

Kondisi jembatan Canthel yang digunakan sebagai jalan alternatif

Plt Kadis PU Sidoarjo, Ir.H.Sigit Setyawan, MT saat itu juga menyampaikan, terkait aktifitas warga yang terganggu atas rusaknya jembatan, segera melengkapi survei, setelah DPA perubahan sudah disetujui, akan mulai pelaksanaan pemeliharaan dengan perbaikan. Untuk pelebaran dan pembangunan jembatan baru akan ditentukan dan diusulkan tahun 2022.

Namun hingga saat ini belum terealisasi bahkan sekarang justru dijadikan jalan alternatif untuk semua pengguna jalan, akibat Jalan Raya Tropodo ditutup dan ada proyek pembangunan jalan raya tapi pengerjaannya terkesan lamban bahkan masih ada yang rusak, padahal deadline proyek tersebut pengerjaan dari 1 Agustus sampai 30 November 2022 namun hingga berita ini ditayangkan kondisinya masih bisa dikatakan belum 50%.

Saat dilokasi tim awak media mencoba mengkonfirmasi ke beberapa pengguna jalan raya tersebut, salah satunya Sutrisno seorang kurir antar jemput online mengatakan “kalau seperti ini kita sebagai kurir juga sangat kesulitan Bu, karena jalan yang seharusnya Deket sekarang jadi jauh Bu, karena kita harus muter cari jalan alternatif, belum lagi macetnya. Otomatis efisiensi BBM, tenaga jadi nambah sedangkan ongkos kami sama, dan saya sudah hampir dua tahun lewat jalan ini untuk antar jemput paket karena kebetulan banyak langganan di daerah sini” ujarnya geram.

Untuk mengetahui kejelasan proges dari proyek tersebut, awak media berusaha mengkonfirmasi langsung ke owner proyek CV. Citra Deka, yang akrab dipanggil Abah Dedik via Whatsupnya pada Sabtu(01/10/2022), tidak merespon sama sekali bahkan saat di telfon juga tidak diangkat (no respect).

Begitu juga dengan Rizal selaku Kabid dari Dinas Binamarga, saat di konfirmasi via Whatsup dan di hubungi juga tidak merespon. Jika dari yang terkait sulit dihubungi untuk konfirmasi bagaimana masyarakat bisa mendapatkan kejelasan, sedangkan sudah pasti ada dampak yang dirasakan masyarakat, jika dari pembangunan proyek jalan tersebut terkesan lamban.

Kami sebagai kontrol sosial masyarakat hanya sebagai penyambung lidah masyarakat (aspirasi rakyat), supaya ada perhatian dari pihak terkait dan pemerintah, agar bisa memikirkan hal tersebut apalagi dengan adanya musim penghujan seperti sekarang ini pasti banyak pihak yang merasakan dampaknya.

Dikarenakan konfirmasi awak media dari (01/10/2022) tidak ada respons maka pada Jumat (14/10/2022) di konfirmasi kembali via Whatsup, mengapa pengerjaan proyek tersebut terkesan lamban…??. Menurut jawaban dari pihak CV. Citra Deka adalah, karena apa yg ada di perencanaan berbeda buanyak dengan di lapangan.

Namun saat ditanyakan kembali, apa yg di maksud dengan “perencanaan beda dengan dilapangan”..?, Karena kalimat berbeda buanyaak di lapangan banyak juga arah dan maksud tujuannya. Agar apa diuraikan bisa di pahami oleh masyarakat. Akan tetapi hingga berita ini dinaikkan pihak CV. Citra Deka tidak merespon kembali.

@redpel

Related Articles

Back to top button