DaerahNasionalNews

Ikan Paus Sepanjang 11 Meter, Terdampar DI Pantai Bambang

LUMAJANG || hallojatimnews – Masyarakat Dusun Rekasan Desa Bago Kec Pasirian Kab Lumajang digegerkan dengan temuan seekor ikan paus yang mati membusuk di pesisir pantai Bambang pagi ini (11/07).

Hal tersebut pertama kali diketahui oleh masyarakat Dusun Rekesan atas nama Sdr Siyo (47th) pada saat akan pergi ke sawah yang lokasinya dekat dengan pesisir pantai Bambang. saat itu Siyo melihat ada benda besar dan baunya menyengat, setelah didekati ternyata bangkai ikan paus yang berukuran panjang sekitar 11 meter . selanjutnya temuan tersebut dilaporkan kepada Kepala Dusun Rekasan dan Polsek Pasirian.

Personil Polsek Pasirian yang mendengar informasi tersebut segera mendatangi lokasi. Setelah berkoordinasi dengan masyarakat, anggota Polsek Pasirian mengajak Masyarakat dan Satgas Keamanan Desa setempat untuk mengubur paus tersebut di lokasi penemuan.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH mengungkapkan “Melihat kondisi ikan paus yang sudah membusuk tersebut dimungkinkan ikan paus sebesar 4 kali tubuh orang dewas itu sudah mati beberapa hari yang lalu di lautan. Bangkai yang terombang ambing dilautan tersebut terseret ombak hingga ke pesisir dan terdampar di pantai Bambang.
Disini saya menghimbau agar tetap menjaga kelestarian laut, karena jika dilihat sebenarnya paus tersebut bisa tumbuh lebih besar lagi. Namun karena pencemaran di lautan mungkin penyebab kematian mamalia terbesar dilautan tersebut. untuk kedepannya marilah kita jaga alam kita agar hal seperti ini tidak terjadi lagi “ungkap Arsal.

“kami juga tetap akan melakukan penyelidikan tentang sebab-sebab kematian ikan paus tersebut, apakah ada perburuan ikan paus oleh nelayan atau sebab-sebab lain seperti pencemaran dilautan” ujar Arsal

Kapolsek Pasirian Iptu Agus Sugiarto SH menambahkan “ bersama perangkat desa, kami sepakat bangkai paus segera dikubur supaya tidak menimbulkan bau busuk, karena ukurannya yang sangat besar ” pungkas Agus.

Perlu diketahui ukuran paus yang ditemukan terdampar di pantai bambang, kecamaran Pasirian Lumajang berukuran Panjangnya 11 meter, Tinggi 100 cm, Lebar badan 150 cm, Jenis ikan paus belum diketahui dan ditemukan dalam kondisi mati dan sudah membusuk.( Pri ).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button