EdukasiPolresatabes

Dalam Rangka Hari Kesadaran Nasional, Polrestabes Surabaya Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2023 

Surabaya – Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya menggelar Upacara Bendera dalam rangka Hari Kesadaran Nasional, sebagai salah satu upaya untuk menggelorakan semangat pengabdian dalam rangka memupuk disiplin sebagai anggota Polri, bertempat di lapangan Mapolrestabes Surabaya. Senin (6/2/2023).

Acara Hari Kesadaran Nasional yang dipimpin Wakapolrestabes Surabaya AKBP Mochamad Nur Azis, S.H., S.I.K., M.Si ini, juga dihadiri oleh Kapolres Tanjung Perak AKBP Herlina dan AKP Sigit Ekan Sahudi, Kanit Regident Satlantas Polrestabes Surabaya bertindak selaku inspektur upacara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Letkol Arh Adnan Kasdim 0831/Surabaya Timur, Kapolsek Jajaran se Surabaya, Pejabat ASN, Dishub dan Satpol PP.

Kapolrestabes Surabaya Kombes. Pol. Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.K melalui Wakapolrestabes Surabaya mengatakan dalam menghormati perkembangan kehidupan masyarakat dengan permasalahan lalu lintas dan angkutan yang semakin kompleks dan dinamis khususnya dalam bidang keselamatan berlalu lintas.

“Oleh karena itu menjawab tantangan tugas tersebut maka Polantas harus melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan dan terus mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik.” ucap Wakapolres. Senin (6/2/2023)

Selanjutnya dengan inovasi-inovasi pelayanan publik yang berbasis seperti yang telah dilaksanakan, contoh-nya program RW dan lain sebagainya.

Wakapolres juga menerangkan berdasarkan hasil anak pedtaan operasi keselamatan tahun 2021 tahun 2002, baik pelanggaran dan keterangan Lalu Lintas mengalami kenaikan sebanyak 35% dengan korban meninggal dunia sebanyak 16%.

Sedangkan untuk penegakan hukum penangkaran Lalu Lintas berupa teguran naik sebanyak 3%. Sedangkan untuk tilang menurun 100% karena rendahnya tilang atau upaya penegakan hukum pelanggaran lalu lintas menjadi salah satu faktor penyebab kenaikan laka lantas.

Di lain pihak kesadaran masyarakat dalam realitas masih cukup rendah. Selain itu untuk meningkatkan untuk meningkatkan angka langka lantas juga disebabkan adanya kebijakan penghapusan PPKM di indonesia sebagai akibat dari meredanya virus covid 19. Sehingha mengakibatkan meningkatnya aktivitas masyarakat yang juga berimbas kepada meningkatnya volume kendaraan di jalan raya.

Namun perikatan tersebut tidak disertai dengan kesadaran masyarakat, sehingga mengakibatkan banyaknya permasalahan lalu lintas seperti meningkatnya Laka Lantas pelanggaran lalu lintas dan lain sebagainya.

Mantan Kapolres Gresik ini juga menegaskan bahwa dalam rangka menekan kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat di Kota Surabaya maka Polrestabes Surabaya serta Polres Tanjung Perak melaksanakan operasi kepolisian kemuliaan dengan sandi keselamatan Semeru.

Sementara upaya untuk mengondisikan lantas menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 hijrah tahun 2023. di mana dalam pelaksanaannya mengutamakan tindakan proyektif dan preventif dengan didukung oleh kegiatan penelitian dan penegakan hukum secara selektif.

“Prioritas khususnya kepada pelanggaran lalu lintas yang menimbulkan fatalitas konsep presentasi dari operasi kepolisian dengan desain keselamatan Semeru.

Operasi keselamatan Semeru 2023 dilaksanakan selama 14 Hari mulai tanggal 7 sampai dengan 20 Februari 2023 dengan personil sebanyak 526 serta.

Kegiatan ini, juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal perspek perilaku mewujudkan keamanan keselamatan. @njb

Related Articles

Back to top button