Breaking NewsDaerahEdukasiKemenkumhamNasional

Lindungi Notaris Dari Sasaran Kejahatan Pencucian Uang, Kemenkumham Jatim Gelar Audit On-site PMPJ

JEMBER – Dalam rangka mencegah digunakannya Notaris sebagai sarana atau sasaran kejahatan pencucian uang, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung oleh pelaku kejahatan, maka Kemenkumham Jatim menggelar Audit Penerapan Kepatuhan PMPJ secara tatap muka pada 27-28 April di Hotel Java Lotus Jember.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara yang telah dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim sehari sebelumnya melalui virtual.

Kabid Pelayanan Hukum Kemenkumham Jatim Mustiqo Vitra Ardhiansyah menyampaikan bahwa audit tersebut pada dasarnya lebih bermakna asistensi atau pendampingan kepada notaris untuk menerapkan prosedur baru terkait Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) pada Profesi Notaris.

Penerapan tersebut, lanjutnya, dalam rangka memberi perlindungan kepada notaris dan mewujudkan Indonesia agar memiliki standard dalam pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT). “Ini semua adalah prosedur yang nantinya harus bapak-ibu lakukan. Jadi bukan sekedar kegiatan yang asal lewat,” tandasnya.

Sementara itu anggota MPWN Jatim Gatot Triwayulo menjelaskan bahwa perlindungan hukum bagi notaris harus ada. Karenanya sasaran yang dilakukan dalam Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LKTM) harus membawa perlindungan hukum bagi notaris.

Tindakan pelaporan tersebut juga sebagai konsekuensi dengan berkembangnya teknologi yang ada. “Mari kita bahu membahu bersama pemerintah, untuk terus berkembang bersama di dunia global, khususnya untuk mengantisipasi adanya TPPU dan TPPT,” urainya.

Untuk diketahui kegiatan pada hari ini asistensi dilakukan kepada notaris yang berada pada wilayah Kabupaten Banyuwangi, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Situbondo, Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo. Sedangkan pada Jumat (27/04) asistensi dilakukan kepada notaris yang berada di wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso. @red

Related Articles

Back to top button