TNI-ku

Jelang SIMULASI, Ratusan Prajurit Ikuti APEL Gelar Pasukan Latpam Pelabuhan KOARMADA II Di Pelabuhan Tanjung Perak

SURABAYA | HALLOJATIMNEWS – Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Iwan Isnurwanto, mewakili Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto memimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Pengamanan Pelabuhan tahun 2019, bertempat di Dermaga Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Rabu (27/11).

Dalam sambutan tertulis Panglima Komando Armada II yang dibacakan oleh Kaskoarmada II mengatakan, latihan pengamanan yang diselenggarakan Koarmada II merupakan bagian dari operasi militer selain perang (OMSP) pengamanan obyek vital nasional. Dimana dalam penyelenggaraannya bersinergi dengan instansi-instansi terkait.

Sebagai salah satu objek vital nasional menurut Pangkoarmada II, pelabuhan memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung ketahanan nasional sehingga tidak menutup kemungkinan muncul ancaman terhadap kegiatan operasional di lingkungan pelabuhan.

Karenanya lanjut Pangkoarmada II, berangkat dari hal tersebut TNI AL terus berupaya menjaga soliditas dengan unsur-unsur yang terlibat dalam pengamanan pelabuhan, baik melalui kegiatan pengamanan terpadu maupun dalam latihan bersama guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam melaksanakan pengamanan pelabuhan.

“Gelar pasukan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan latihan pengamanan Pelabuhan tahun 2019 untuk melaksanakan pengecekan kesiapan personil dan material yang terlibat pada manuver lapangan latihan pengamanan pelabuhan. Untuk itu apabila masih terdapat kekurangan atau kendala atau keraguan dalam persiapan agar sisa waktu yang ada ini segera dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan adakan koordinasi yang baik untuk mencari jalan keluar sehingga memperoleh keyakinan kesiapan unsur senjata material dan kesiapan personil demi suksesnya pelaksanaan latihan ini,” tegas Heru-sapaan akrab Panglima Koarmada II.

Sesuai rencana, kegiatan manuver lapangan (Manlap) Latihan Pengamanan Pelabuhan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2019 besok. Dimana seluruh unsur yang terlibat latihan akan melaksanakan radio cek dan melaksanakan patroli rutin di sekitar alur APBS dan Dermaga Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Latihan ini melibatkan berbagai unsur dari jajaran Koarmada II , yakni 1 SSK Denma Koarmada II, 1 SSK Denma Lantamal V, 1 SSK Yonmarhanlan V, 1 Tim Jihandak Satkopaska Koarmada II, 1 Tim Antiteror Satkopaska Koarmada II, 1 Tim Kesehatan Lantamal V, 1 SST Pomal Lantamal V, 1 Tim Intel Pomal Lantamal V, Kal Bawean, Kal Warakas, juga dibantu oleh Pelindo III Surabaya (Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya).

Pewarta : Cak Hand.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button